TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Honda CBR1000RR-R Fireblade Dibanderol Rp790 Jutaan, Lebih Bertenaga!

Peningkatan performa mesin cukup signifikan

Supersport CBR1000RR-R Fireblade Terbaru (PT AHM)

PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan motor supersport CBR1000RR-R Fireblade di Indonesia. Model terbaru CBR1000RR-R Fireblade ini masih mempertahankan filosofi Total Control yang selama ini menjadi ciri khasnya.

Selain itu CBR1000RR-R Fireblade juga hadir dengan sejumlah sentuhan baru pada sisis desain dan teknis sehingga menghadirkan pengalaman berkendara lebih nyaman dan lebih mendekati MotoGP.

”Berbagai ubahan terbaru kami yakini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan menantang, baik di jalan raya maupun sirkuit,” kata Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi Octa dalam keterangan tertulis.

1. Desin lebih aerodinamis

Supersport CBR1000RR-R Fireblade Terbaru (PT AHM)

Salah peningkatan pada CBR1000RR-R Fireblade 2024 ada pada sektor aerodinamika melalui winglet baru yang dirancang menghasilkan downforce lebih besar. Hal ini meningkatkan stabilitas pengereman serta memberikan grip yang lebih konsisten pada bagian depan, terutama saat melewati tikungan berkecepatan tinggi.

Selain itu, desain fairing bawah baru kini mampu mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, yang berdampak positif pada peningkatan handling motor di berbagai situasi berkendara. Desain ini mencerminkan motor balap sejati, memberikan kestabilan lebih baik di kecepatan tinggi serta mengurangi hambatan angin, baik saat akselerasi maupun menikung. 

Tangki bahan bakar juga telah diubah bentuknya agar lebih ergonomis, memungkinkan pengendara mendapatkan cengkeraman lutut yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas bahan bakar.

Baca Juga: Gejala Oli Motor Terlalu Encer, Mesin Jadi Lemot

2. Bertabur fitur yang bikin aman dan nyaman

Supersport CBR1000RR-R Fireblade Terbaru (PT AHM)

CBR1000RR-R Fireblade terbaru ini dibekali suspensi depan dan belakang Showa Adjustable yang cukup nyaman karena bisa diatur tingkat keempukannya. Sementara pada sektor pengereman, CBR1000RR-R Fireblade dibekali kaliper depan Nissin dengan cakram besar. Anti-Lock Braking System (ABS) yang disematkan menawarkan tiga mode terbaru, yaitu mode Sport, Track, dan Standard untuk menyesuaikan penggunaan di sirkuit mau pun jalan raya.

Fitur-fitur unggulan lain yang memberikan pengalaman berkendara maksimal masih dipertahankan, seperti pengaturan riding mode, kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control untuk menjaga kestabilan saat akselerasi cepat.

Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

3. Mesin lebih bertenaga

Supersport CBR1000RR-R Fireblade Terbaru (PT AHM)

Honda CBR1000RR-R Fireblade menggendong mesin berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline yang mampu menghasilkan tenaga hingga tenaga maksimum 160 kW pada 14.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 12.000 rpm. 

Tenaga ini jauh lebih besar dibandingkan model sebelumnya yang hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 13,4:1 menjadi 13,6:1. Sehingga bisa dibilang peningkatan tenaga pada Honda CBR1000RR-R Fireblade terbaru cukup signifikan. 

Sementara itu untuk menghadirkan kontrol akselerasi dan deselerasi yang lebih mulus, CBR1000RR-R Fireblade disematkan sistem Throttle by Wire terbaru dengan dua motor, yang mampu memberikan respons lebih presisi saat mengendalikan tenaga mesin serta engine braking. Teknologi ini memastikan pengendara dapat merasakan akselerasi yang halus sekaligus mengoptimalkan deselarasi di berbagai situasi. 

Oya, CBR1000RR-R Fireblade STD hadir dengan pilihan warna Honda Tricolor yang ikonik, dipasarkan dengan harga Rp 798 juta on the road wilayah Jakarta. Gimana, tertarik?

Baca Juga: Gejala Oli Motor Terlalu Kental, Bikin Mesin Cepat Panas

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya