TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gejala Oli Motor Terlalu Encer, Mesin Jadi Lemot

Oli yang terlalu encer bisa membuat mesin mudah panas

Ilustrasi mengisi oli motor (suzuki.co.id)

Saat membeli oli untuk mesin motor, pastikan kamu membeli oli dengan tingkat kekentalan yang sesuai dengan spesifikasi motormu. Jangan sampai membeli oli yang terlalu kental atau terlalu encer karena itu justru bisa merusak mesin motormu.

Kamu bisa melihat tingkat kekentalan oli yang disarankan pabrikan dengan melihat kembali buku manual motormu. Dengan begitu kamu akan terhindar dari penggunaan oli yang terlalu kental atau terlalu encer.

Nah, berikut gejala-gejala yang akan muncul kalau kamu menggunakan oli yang kelewat encer pada motormu.

1. Mesin gampang panas, suaranya lebih kasar

Mesin motor 2 silinder (.yamaha-motor.com)

Oli yang terlalu encer tidak akan bisa melapisi komponen mesin secara maksimal. Akibatnya, gesekan antarkomponen di dalam mesin jadi tak terhindarkan. Gesekan antarkomponen ini akan membuat suhu mesin menjadi lebih panas dari biasanya.

Selain itu gesekan antarkomponen yang tak terlumasi dengan baik juga akan membuat suara mesin jadi lebih kasar. Dan yang pasti, komponen yang tak terlumasi dengan baik karena oli terlalu encer akan lebih cepat aus atau rusak.

Baca Juga: Tips Memilih Jaket Motor untuk Musim Hujan

2. Oli gampang rembes dan menguap

Ilustrasi oli motor (haynes.com/)

Karena terlalu encer, oli akan lebih mudah merembes keluar melalui celah kecil pada bagian mesin. Hal ini bisa membuat volume oli di dalam mesin jadi berkurang. Akibatnya oli tidak akan cukup untuk melumasi komponen-komponen di dalam mesin secara maksimal. 

Selain itu oli yang terlalu encer juga cenderung lebih mudah menguap, terutama saat mesin bekerja pada suhu tinggi. Penguapan ini juga akan membuat volume oli di dalam mesin berkurang. Kalau sudah begitu, pelumasan terhadap komponen tidak akan maksimal.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya