TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gejala Oli Motor Mengalami Stres, Jangan Dibiarkan!

Salah satunya performa mesin turun

Ilustrasi mengganti oli motor (amsoil.com)

Mengganti oli motor secara rutin bisa jadi kunci dalam perawatan motor. Sebab oli yang berkualitas akan melindungi setiap komponen di dalam mesin dengan cara melumasinya. Komponen yang terlumasi oli akan terhindar dari friksi dan suhunya akan terjaga. Dengan begitu, performa motor akan terjaga dan usia mesin akan lebih panjang.

Karena itu sangat penting untuk mengganti oli motor secara rutin. Nah, berikut gejala-gejala yang menandankan oli motormu sudah stres dan karenanya harus segera diganti. Jangan menunda-nunda mengganti oli karena akibatnya bisa sangat fatal

 

1. Performa motor menurun

Ilustrasi motor mogok (Unsplash/John Canelis)

Salah satu gejala oli motor sudah stres atau menurun kualitasnya adalah turunnya performa motor. Ini bisa terjadi karena oli tidak lagi bisa melumasi setiap komponen di dalam mesin. Akibatnya terjadi friksi antarkomponen.

Biasanya menurunnya performa mesin akan diikuti dengan overheat atau naiknya suhu mesin secara signifikan. Karena itu, kalau kamu merasa performa motormu menurun, coba diingat-ingat kapan terakhir kali kamu mengganti oli?

Baca Juga: Tips Aman Mengisi Bensin, Awas Motor Terbakar!

2. Mesin mengalami overheat

Ilustrasi mesin motor (riders-share.com)

Banyak penyebab mesin motor overheat, seperti radiator tidak berfungsi maksimal dan oli motor yang sudah menurun kualitasnya. Oli yang sudah tidak berkualitas tidak akan melumasi komponen di dalam mesin secara sempurna, mengakibatkan gesekan antarkomponen yang menciptakan panas berlebih.

Kalau kamu merasakan suhu mesin motormu terlalu panas dan performanya menurun, lekas cari tahu akar penyebabnya. Sebab overheat bisa membuat ambrol bagian dalam mesin motormu, lho. 

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya