TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Efek Bensin Tercampur Air, Motor Sulit Dihidupkan

Bensin yang tercampur air membuat pembakaran tidak sempurna

Ilustrasi motor mogok (Unsplash/John Canelis)

Intinya Sih...

  • SPBU jual bensin tercampur air, berdampak buruk pada mesin kendaraan
  • Bensin Pertamina memiliki ciri khusus, warna hijau untuk Pertalite, biru untuk Pertamax, dan merah untuk Pertamax Turbo
  • Bensin tercampur air mengganggu sistem pembakaran mesin, menyebabkan kerusakan fatal dan performa menurun

Membeli bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ternyata tidak menjadi jaminan akan mendapat bensin berkualitas. Sebab ada beberapa kasus bensin di SPBU tercampur air.

Padahal bensin yang tercampur air akan mengakibatkan efek buruk pada mesin kendaraan. Nah, berikut gejala atau ciri-ciri bensin tercampur air yang harus kamu waspadai.

1. Warna bensin berubah

Ilustrasi SPBU (mypertamina.id)

Bensin di SPBU Pertamina terdiri atas beberapa jenis, yakni Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Masing-masing jenis bensin tersebut dibedakan dari warnanya. Bensin Pertalite berwarna Pertalite hijau, Pertamax biru, Pertamax turbo merah.

Jadi kalau kamu menemukan ada bensin yang dijual selain dari warna tersebut di SPBU Pertamina, bisa dipastikan bensin tersebut telah terkontaminasi zat lain, seperti air. Ciri lain bensin tercampur air adalah warnanya yang cenderung keruh dan ada endapan di tempat penyimpanannya. Sebab bensin murni tidak mengandung zat lain sehingga tidak menghasilkan endapan. 

Baca Juga: Gejala Oli Motor Terlalu Kental, Bikin Mesin Cepat Panas

2. Motor sulit dihidupkan

Lazy Motorbike

Bensin yang telah tercampur air sudah pasti akan mengganggu kerja sistem pembakaran di dalam mesin. Sebab air tidak bisa terbakar seperti bensin sehingga sistem pembakaran akan terganggu. Efeknya mesin motor pun jadi sulit dihidupkan. Bahkan kalau komposisi airnya lebih banyak dari bensin, mesin motor bisa mengalami kerusakan fatal.

3. Mesin terasa bergetar, performa turun drastis

Ilustrasi mesin motor (riders-share.com)

Bensin yang tercampur air juga akan membuat mesin bergetar dan performanya menurun secara drastis. Ini karena air pada bensin membuat pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan mesin pun jadi tidak maksimal.

Selain itu konsumsi bensin juga akan terasa lebih boros karena bensin yang terbakar tidak sepenuhnya bisa dikonversikan menjadi tenaga lantaran sudah tercampur air.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya