TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Mudah Membedakan Busi Bosch Asli dan Palsu

Busi Bosch asli akan mendongkrak performa mesin

Ilustrasi busi (bosch-mobility.com)

Banyak merek busi yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Bosch. Merek satu ini sudah malang melintang di dunia perbusian sejak lama dan karenanya cukup populer. Sebab, selain performanya bisa diandalkan, busi Bosch juga cukup tahan lama.

Hanya saja jangan sembarangan membeli busi Bosch karena ternyata ada yang memalsukannya. Nah, berikut cara gampang membedakan busi Bosch asli dengan palsu yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Perhatikan warna elektrodanya

Ilustrasi busi (boschautoparts.com)

Membedakan busi Bosch asli dengan palsu sebenarnya cukup mudah. Caranya perhatikan bagian ujungnya yang berwarna putih. Kala busi Bosch, ujung busi akan terlihat putih buram. Sementara busi Bosch yang palsu ujungnya berwarna mengilap.

Warna buram pada busi Bosch asli karena bagian tersembut mengandung nikel sehingga tahan terhadap korosi. Sementara pada busi palsu tidak terdapat kandungan nikel sehingga berpotensi korosi.

Baca Juga: Cara Mengecek Kondisi Mesin Motor Lewat Warna Elektroda Busi

2. Pengelasan dilakukan secara berurutan

Ilustrasi busi (boschautoparts.com)

Perbedaan lain busi Bosch asli dengan palsu ada pada laser weldingnya. Busi Bosch asli memiliki 360 Continuous Laser Welding atau pengelasannya dilakukan secara berurutan sehingga terlihat rapih dan kuat. Pengelasan ini dilakukan untuk untuk menyambung copper core dan center electrode-nya.

Dengan 360 Continuous Laser Welding itu dijamin tidak akan ada partikel kecil yang masuk ke dalam sela-sela sehingga busi bisa tahan dengan kondisi ekstrem, terutama saat mesin dipacu dalam kecepatan tinggi.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya