TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Air Laut Berbahaya Bagi Motor, Bisa Bikin Karatan!

Air laut mengandung garam yang bisa membuat logam berkarat

Ilustrasi motor trail (dirtlegal.com)

Naik motor ke pantai memang menyenangkan, apalagi kalau bersama teman-teman. Terpaan angin laut, deburan ombak, serta lembutnya butiran pasir di pantai bisa jadi tempat healing paling asyik.

Tapi tahu gak sih kalau air laut itu bisa merusak motor? Berikut beberapa fakta mengenai air laut yang berpotensi merusak motor kesayanganmu.

1. Korosi dan karat

Ilustrasi motor berkarat (Bikesure.com)

Air laut mengadung kadar garam yang sangat tinggi. Kandungan garam inilah yang bersifat korosif sehingga berpotensi mempercepat proses karat pada komponen motor yang terbuat dari logam, seperti rangka, mesin, knalpot, rantai, hingga pelek.

Kalau bagian-bagian ini sudah berkarat, maka kualitas dan ketahananya sudah pasti akan menurun drastis dan ini bisa sangat membahayakan.

Baca Juga: Kenapa Oli Motor Bisa Rembes? Ini Penyebab dan Solusinya

2. Kerusakan perangkat elektronik

Ilustrasi speedometer (autozone.com)

Selain berpotensi menyebabkan korosi pada bagian motor yang terbuat dari logam, air luat juga bisa menyebabkan korosi pada komponen elektronis dan kabel, seperti speedometer, sistem pencahayaan, hingga klakson.

Kalau sistem kelistrikan ini sudah terpapar korosi, maka sistem tersebut pasti akan terganggu sehingga kinerjanya tidak akan lagi maksimal. Pada kasus terparah, komponen elektronis pada motor bahkan bisa mengalami mall function.

3. Penurunan performa

Ilustrasi motor trail (Pexel/ArtHouse Studio)

Komponen motor yang mengalami korosi atau berkarat tidak akan berfungsi secara maksimal, sehingga performa motor pasti akan menurun. Misalnya rantai yang berkarat tidak akan bisa maksimal mengantarkan tenaga dari mesin ke roda. Sehingga akselerasi motor akan berkurang dan konsumsi bensin jadi lebih boros.

Begitu juga dengan pelek atau rangka motor yang berkarat, kekuatannya pasti akan jauh berkurang dan bahkan berpotensi patah saat motor digunakan. Kondisi ini sudah pasti akan sangat membahayakan biker dan penumpangnya.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya