TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Muncul Logo Check Engine di Motor, Apa Artinya?

Jangan langsung panik, ya!

Panel instrumen Honda Forza 350 (Honda)

Jakarta, IDN Times - Setiap kendaraan bermotor saat ini sudah memiliki lampu indikator check engine atau malfunction indicator lamp (MIL) yang berwarna oranye di panel instrumen. Lampu indikator ini biasanya terdapat di kendaraan bermotor yang pakai teknologi injeksi.

Lampu indikator ini berfungsi untuk mendeteksi kerusakan motor yang diinformasikan oleh electronic control unit (ECU). Namun saat mesin sepeda motor dinyalakan, biasanya lampu indikator tersebut akan menyala selama beberapa detik kemudian mati lagi.

Baca Juga: Efek Menekan Tombol Starter Saat Lampu Indikator Belum Mati

1. Lampu indikator menyala terus

Panel instrumen Honda ADV350 (AP Honda)

Mengutip Wahana Honda, kalau lampu check engine ternyata menyala secara terus menerus setelah mesin dihidupkan, bisa diduga motor sedang mengalami masalah pada salah satu fungsi komponen tertentu.

Lampu indikator check engine sendiri memang ada yang modelnya menyala terus menerus dan ada juga yang hanya berkedip dalam jumlah tertentu, tergantung motornya.

Baca Juga: Honda Accord Terbaru Disuntik Hybrid, Harganya Rp959,9 Juta

2. Bisa karena hal ringan

Setang dan panel instrumen Honda ADV 160 (Dok. AHM)

Jika lampu indikatornya model berkedip, ada jumlah kedipan lampu yang merupakan kode kegagalan. Barulah lewat indikasi tersebut pemeriksaan dilakukan. Jika menyala dengan berkedip, berarti ada sesuatu kegagalan fungsi komponen kendaraan, bukan berarti rusak.

Bisa juga masalahya disebabkan hal sepele seperti soket kendur, kabel terkelupas, atau indikasi terparahnya ada komponen yang rusak.

Baca Juga: Keren, Ini Potret Motor Juara Battle Honda Modif Contest 2023

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya