TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Matikan Mesin Motor Pakai Standar Samping, Boleh Gak Sih?

Fitur yang banyak ditemui di skutik-skutik modern

All New Honda Vario160 (Dok. AHM)

Jakarta, IDN Times - Mayoritas skutik baru saat ini sudah dibekali dengan fitur keamanan yang disebut side stand switch. Pabrikan motor menyematkan fitur ini biasanya pada skutik atau motor matic.

Fitur ini berfungsi untuk keamanan, karena saat standar samping terbuka atau turun, mesin motor tidak akan bisa dinyalakan. Jadi, tidak ada lagi yang namanya lupa melipat standar samping motor sebelum jalan.

1. Cara kerja

New Honda Vario 125 akhirnya resmi mengaspal (IDN Times/Fadhliansyah)

Mengutip laman resmi Wahana Honda (1/1/2024), fitur side stand switch berfungsi dengan cara menyambungkan bagian pangkal standar samping dengan engine control unit (ECU), untuk memutus sistem pengapian secara otomatis.

Saat standar samping terlipat, barulah ECU menyambungkan kembali sistem pengapian motor lagi, sehingga mesin motor dapat dihidupkan.

Baca Juga: Deretan Motor Klasik Kawasaki Mulai Rp30 Jutaan

2. Sering salah digunakan

Honda PCX (motor1.uol.com.br)

Sayangnya, malah banyak pengendara motor matic yang menggunakan fitur side stand switch sebagai cara untuk mematikan sepeda motor.

Dengan alasan lebih praktis karena cukup menurunkan standar samping maka mesin motor bisa langsung mati, tanpa harus mematikan mesin lewat kunci kontak.

Baca Juga: Yakin Mau Kredit Motor Bekas? Cek Dulu 3 Hal Ini 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya