TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Menyiasati Blind Spot Saat Mudik Naik Motor

Biar perjalanan mudik kamu lebih aman

Mengatasi blind spot motor dengan spion (Dok. Yamaha)

Jakarta, IDN Times - Riding naik motor memang harus selalu fokus, apalagi kalau melakukan perjalanan jarak jauh seperti touring atau mudik lebaran. Tapi kamu juga harus mengetahui adanya blind spot atau titik buta saat berkendara motor.

Seperti namanya, blind spot atau titik buta itu memang bisa menyebabkan kecelakaan. Karena blind spot adalah titik yang gak bisa dijangkau oleh mata pengendara. Tapi jangan khawatir, salah satu cara untuk mengurangi blind spot adalah dengan menggunakan spion di motor.

"Dalam berkendara roda dua, penggunaan spion motor merupakan hal yang sangat vital dalam safety riding, karena dengan adanya spion, blind spot bisa dikurangi," kata Fery Risdiyanto, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta. Berikut ini cara mensiasati blind spot, baik dari sisi pengendara maupun sisi pengendara lain:

1. Cek spion sebelum jalan dan hindari modifikasi spion

Spion bar end (amazon.com)

Sebelum berangkat naik motor, kamu harus menyesuaikan arah spion terlebih dahulu. Pastikan arah spion pas meliputi arah belakang motor kamu, biar bisa mengetahui kondisi di area belakang.

Sebaiknya kamu juga hindari memodifikasi atau mengganti spion yang gak sesuai standar keselamatan. Misalnya seperti mengganti spion dengan yang berukuran kecil, pastinya akan memperlebar blind spot kamu.

2. Menyalakan lampu utama

PT YIMM

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan lampu utama, dan gunakan pakaian yang berwarna cerah atau yang bisa memantulkan cahaya. Baju yang bisa memantulkan cahaya ini biasanya terdapat di apparel khusus riding, seperti rompi atau jaket.

Tujuannya adalah biar kamu lebih mudah terlihat oleh pengendara atau pengguna jalan yang lainnya.

3. Posisi motor harus sesuai

IDN Times/Gregorius Aryo Damar P

Posisikan motor kamu di tempat yang mudah terlihat oleh pengendara lain yang berada di depan. Hal ini bisa dicek kalau kamu bisa melihat wajah pengendara lain melalui spionnya, berarti posisi kamu aman karena masih terlihat lewat spionnya.

4. Selalu fokus

959chfm.com

Kamu juga harus selalu fokus saat riding di jalan, hindari mendengarkan musik dengan headset atau penggunaan knalpot racing. Karena dua hal tersebut bisa membuat kamu sulit berkonsentrasi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya