TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Awas, Jangan Biarkan Tangki Bensin Motor Sering Kosong

Dapat mempercepat kerusakan komponen

ilustrasi emblem spesial pada tangki Harley Davidson Hydra-Glide Revival 2024 (IDN Times/Muhammad Raffash)

Intinya Sih...

  • Sistem motor injeksi lebih efisien karena presisi campuran bahan bakar dan udara, namun pemilik disarankan untuk tidak membiarkan tangki kosong atau hampir habis.
  • Pompa bahan bakar pada motor injeksi berfungsi mengalirkan bensin dengan tekanan yang tepat, namun akan cepat rusak jika terlalu sering bekerja tanpa cukup pendingin.

Jakarta, IDN Times - Sepeda motor keluaran terbaru memang kebanyakan sudah menganut teknologi injeksi. Motor injeksi sendiri memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan motor karburator.

Hal itu dikarenakan pada teknologi injeksi, campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar lebih presisi, makanya dapat beroperasi lebih efisien. Meski begitu, pemilik motor injeksi tidak disarankan untuk sering-sering membiarkan tangki bensin motornya kosong atau hampir habis.

Baca Juga: 5 Tips Mengendarai Motor Matic di Jalan Menurun, Hindari Rem Blong!

1. Efek samping

ilustrasi mengisi bahan bakar Vario 125 (mypertamina.id)

Mengutip dari laman resmi Suzuki, motor injeksi dilengkapi dengan pompa bahan bakar yang berfungsi untuk mengalirkan bensin dari tangki ke injektor dengan tekanan yang tepat. Pompa ini posisinya terendam bensin di dalam tangki, yang juga berfungsi sebagai pendingin.

Kalau sering membiarkan tangki bensin sering kosong atau tersisa sedikit isinya, pompa bahan bakar akan terpaksa bekerja tanpa cukup pendingin. Jika hal ini sering terjadi, maka pompa bensin lama-lama akan lebih cepat mengalami kerusakan.

2. Injektor bermasalah

ilustrasi sensor TPS pada motor injeksi (dok. YouTube/TACO MOTO CO)

Komponen lain yang dapat rusak apabila sering membiarkan tangki bensin kosong ialah injektor. Injektor bertugas menyemburkan bensin ke ruang bakar dengan tekanan tinggi agar campuran udara dan bahan bakar yang terbakar bisa menghasilkan performa yang maksimal.

Kalau tangki bensin sering kosong, ada kemungkinan injektor akan tersumbat oleh kotoran atau partikel kecil yang mungkin tersedot dari dasar tangki bensin.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya