TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspadai 3 Hal Ini Saat Berkendara di Kala Hujan

Salah satunya ranting pohon

Bing Image Creator

Jakarta, IDN Times - Hujan lebat yang mengguyur Jakarta beberapa hari terakhir ini membuat banyak biker kewalahan. Sebab, selain membuat visibilitas terbatas, hujan juga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Karena itu sangat penting menjaga konsentrasi saat berkendara di kala hujan deras. Berikut beberapa hal yang harus diwaspadai saat hujan.

1. Genangan

Bing Image Creator

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah genangan di pinggir atau tengah jalan. Sebab kita gak pernah tahu seberapa dalam genangan tersebut. Selain itu genangan air di atas jalan juga berpotensi memicu terjadinya aquaplanning yang bisa membuat motor atau mobil tergelincir.  

So, sebisa mungkin hindari gengangan air. Kalau tidak bisa dihindari, turunkan kecepatan saat melewatinya. Selain lebih aman, cara ini juga bisa menyelamatkan pelek motor atau mobilmu dari kerusakan. 

Baca Juga: Pilihan Motor Roda Tiga yang Bisa Buat Harian hingga Usaha

2. Pohon besar dan baliho

Bing Image Creator

Hujan deras biasanya disertai angin kencang. Kondisi ini bisa membuat pohon-pohon besar dan baliho di tepi jalan bertumbangan. Karena itu jangan pernah berteduh di bawah pohon.

Selain itu kamu juga harus ekstra waspada kalau melintas di jalan yang banyak ditumbuhi pohon besar, sebab sangat mungkin satu atau beberapa ranting pohon tersebut patah.

Nah, ranting yang patah kemudian jatuh ini bisa menimpa kepalamu, lho. Dan ini sangat berbahaya karena bisa membuatmu kehilangan kendali atas setir. 

3. Kerikil atau pasir

Bing Image Creator

Saat hujan, biker biasanya akan fokus pada kendaraan di depan. Mereka jarang sekali memerhatikan permukaan aspal. Padahal bisa jadi di atas aspal ada kerikil atau batu-batu halus atau bahkan pasir.

Kerikil dan pasir tersebut berpotensi membuat motor tergelincir karena ban mendadak kehilangan traksi saat melintasinya. Apalagi kondisi jalan yang basah cenderung sudah licin. Karena itu perhatikan juga permukaan jalan saat berkendara di kala hujan ya! 

Baca Juga: 5 Motor Sport Murah di Bawah Rp10 Juta, Ada Honda CBR!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya