TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sempat Discontinue, Ini Sepak Terjang Suzuki Smash di Indonesia

Si gesit irit yang mencoba bangkit

pictame.com/user/suzukismashindo

Selain Supra buatan Honda dan Vega produksi Yamaha, salah satu motor bebek low-end yang cukup berkibar adalah Suzuki Smash. Dirilis perdana pada pertengahan 2000-an, dan sempat mengalami discontinue, kuda besi tersebut sekarang kembali eksis.

Irit bensin, bodi ramping, serta cukup gesit menjadi nilai plus motor ini. Biar makin kenal, intip sepak terjang si gesit irit ini di jalanan Indonesia selama lebih dari satu dekade.

1. Suzuki Smash

insta-stalker.com/profile/rizkysarsaparila

Perusahaan asal Jepang pertama kali merilis Suzuki Smash pada tahun 2003. Kala itu, Smash dihadirkan untuk membendung serbuan motor China yang punya harga murah.

Menggantikan Shogun yang naik kasta ke segmen 125cc, Smash tampil dengan desain yang cukup sporty di eranya. Jangan lupa juga bodinya yang cukup ramping dan enteng.

Untuk dapur pacu, Smash membawa mesin yang berbasis dari varian Shogun 110. Sayang, menurut sebagian konsumen, motor ini tidak memiliki power sebanding pendahulunya.

Baca Juga: Legenda Moped, Ini Varian Honda Astrea yang Rilis di Indonesia

2. Smash Facelift dan Smash SR

imgrumweb.com

Pada tahun 2005, pabrikan Negeri Sakura melakukan sedikit revisi pada Smash. Motor tersebut menerima stripping anyar serta desain knalpot yang lebih sporty.

Pada tahun yang sama, dirilis juga model Smash SR (Street Runner). Ini adalah tipe yang membawa velg racing, stripping baru, dan per suspensi warna kuning. Konon, Smash SR diklaim pelopor velg racing di segmen moped low-end.

3. New Smash & Smash NR

pintaram.com/u/suzukismashindo

Selang setahun kemudian, generasi kedua Suzuki Smash melakukan debut. Sebelum dirilis di TMII, New Smash sempat melakukan uji ketahanan dengan menempuh jarak 4.226 km selama 50 jam non-stop.

Produk terbaru ini membawa beberapa ubahan signifikan. Revisi paling kentara adalah rangka yang membuat vibrasi bodi jauh berkurang. Seperti diketahui, ini adalah masalah yang dikeluhkan pada generasi perdana.

Di samping itu, Suzuki juga menghadirkan varian Smash NR (Night Rider) dengan dominasi warna hitam. Tenaga versi terbaru ini naik hampir 2 HP dibandingkan versi lawas, dengan suara knalpot lebih nge-bass.

4. Smash Titan

webstagram.me

Merupakan Smash generasi ketiga yang mengaspal pada Mei 2010. Membawa embel-embel Titan, motor ini hadir lebih sporty serta kapasitas mesin yang meningkat menjadi 115cc.

Menurut perusahaan, Smash Titan ini menjadi generasi Smash dengan desain terbaik. Sementara, dari sisi performa, motor ini mampu mencapai daya maksimal 8,3 HP pada putaran 8.000 rpm, namun dengan konsumsi BBM lebih irit.

5. Suzuki Shooter

imgrumweb.com

Meski membawa fitur yang mumpuni, namun penjualan Smash Titan kurang menggembirakan. Karena itu, Suzuki pun memutuskan menyuntik mati motor ini dan menggantinya dengan varian Shooter.

Produk ini pertama kali debut pada tahun 2013. Membawa desain yang lebih fresh serta teknologi injeksi, namun sepeda motor ini juga tidak laku karena ramainya pasar skuter matik.

Baca Juga: Jadi Saingan Supra, Intip Transformasi Yamaha Vega di Indonesia

Verified Writer

Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya