TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Masuk Tol MBZ dari Jakarta KM Berapa? Berikut Titik Lokasinya

Cukup padat dilintasi saat arus mudik dan arus balik

ilustrasi jalan tol (unsplash.com/Muhamad Guntur)

Jakarta, IDN Times – Menjelang musim mudik Lebaran 2024, sejumlah ruas jalan tol mulai dipadati pemudik. Salah satunya yakni Jalan Tol MBZ. Ruas jalan tol layang ini jadi salah satu rute favorit pemudik dengan perjalanan jauh menuju ke Tol Trans Jawa.

Pemudik dari Jakarta pun banyak yang melintasi jalan tol layang ini sebagai rute perjalanan mudiknya. Namun, masih ada saja yang bingung dari mana akses masuk Tol MBZ dari Jakarta km berapa? Gak perlu berlama-lama lagi, langsung simak jawabannya dalam artikel berikut, yuk!

Tol MBZ dari Jakarta km berapa?

ilustrasi jalan tol (unsplash.com/Abdul Ridwan)

Menjelang musim mudik Lebaran, Jalan Tol MBZ mulai dipadati oleh pemudik yang menuju ke Jalan Tol Trans Jawa. Sementara, bagi pemudik yang menuju Bekasi dan sekitarnya, tidak disarankan lewat tol ini karena tidak akses keluar dari tol ini, selain Gerbang Tol Trans Jawa.

Tol MBZ atau yang sebelumnya bernama Tol Layang Jakarta-Cikampek resmi beroperasi sejak Desember 2019. Latar belakang pembangunan jalan tol layang ini karena kerapnya terjadi kemacetan panjang saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

Oleh karena itu, dibangunlah jalan tol layang ini untuk memisahkan arus komuter Jakarta - Bekasi - Cikarang. Adapunarus perjalanan jarak jauh menuju Bandung, Cirebon, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang sering bermasalah dengan kemacetan panjang.

Masih penasaran masuk Tol MBZ dari Jakarta km berapa? Jalan bebas hambatan ini terbentang sepanjang 36,84 km yang terletak di tengah-tengah Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Mulai dari KM 10A di Simpang Susun Cikunir Jakarta Timur hingga KM 48 di Karawang.

Ternyata, Jalan Tol MBZ atau Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed ini memiliki sejumlah fakta menarik, lho. Jalur ini dinobatkan sebagai jalan tol layang terpanjang sekaligus jalan tol bertingkat pertama yang ada di Indonesia, lho. Keren banget, kan?

Itu dia informasi masuk Tol MBZ dari Jakarta km berapa. Jika masih bingung, kamu bisa gunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps untuk menelusuri rutenya. Nah, kalau kamu masih pengin cari tahu berita otomotif lainnya, bisa langsung cek di IDN Times, ya.

Baca Juga: Daftar Rest Area Tol Palembang-Lampung untuk Istirahat Mudik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya