TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Mobil dan Motor yang Tidak Boleh Pakai Pertalite

Apakah punyamu termasuk?

Ilustrasi pengisian BBM di SPBU (Dok. Pertamina)

Jakarta, IDN Times – Pertalite merupakan salah satu jenis bahan bakar kendaraan bermotor yang paling laris dibeli. Alasannya, harga Pertalite sedikit lebih miring dibanding Pertamax. Hal itu lantaran adanya subsidi dari pemerintah. 

Pengguna Pertalite di Indonesia didominasi oleh mobil dan motor. Namun, belakangan ini pemerintah sedang mempertimbangkan penerbitan kebijakan untuk membatasi penggunaan bensin Pertalite. Peraturan ini merujuk pada revisi Perpres No.191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Pemberlakuan aturan ini diperkirakan akan dimulai pada 1 Oktober 2024 mendatang. Larangan ini bertujuan untuk memastikan bahwa subsidi bahan bakar tepat sasaran, sekaligus untuk mengurangi polusi udara yang makin parah, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta.

Kebijakan pembatasan penggunaan Pertalite akan dikenakan pada tipe kendaraan tertentu, termasuk untuk mobil dan juga motor. Nah, berikut daftar mobil dan motor yang tidak boleh pakai Pertalite per September 2024. Simak terus dan jangan sampai terlewat infonya, ya.

Daftar mobil yang tidak boleh pakai Pertalite

potret Toyota Innova Reborn (instagram.com/omsecond.id)

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia makin serius mengatur penggunaan bahan bakar, terutama terkait Pertalite. Beberapa jenis mobil kini dilarang menggunakan Pertalite, sesuai dengan kebijakan baru yang mulai diberlakukan secara bertahap.

Berdasarkan informasi yang beredar, jajaran mobil bensin yang mengusung mesin berkapasitas di atas 1.400cc kini tidak lagi diperbolehkan menggunakan Pertalite. Adapun daftar mobil yang masuk dalam aturan ini per September 2024 meliputi:

  1. Mazda 2
  2. Kia Seltos
  3. Honda BRV
  4. Honda City
  5. Suzuki Ertiga
  6. Nissan X-Trail
  7. Nissan Livina
  8. Hyundai Creta
  9. Toyota Innova
  10. Toyota Avanza
  11. Mitsubishi Xpander
  12. Mitsubishi Pajero Sport
  13. Honda CR-V (2007-2022)
  14. Toyota Hilux (2005-2015)
  15. Hyundai Tucson (2005-2022)
  16. Nissan Pathfinder (2005-2024)
  17. Mitsubishi Pajero (2000-2015)

Baca Juga: 6 Perbedaan Pertamax dan Pertalite yang Perlu Kamu Tahu 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya