TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Mobil LCGC? Berikut Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Deretan fakta mobil LCGC yang wajib kamu pahami

Datsun GO (instagram.com/kreditmobilbekasmalang)

Jakarta, IDN Times – Mobil LCGC makin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak yang tertarik dengan jenis mobil ini karena harganya terjangkau dan ramah lingkungan. Kini pilihan mobil LCGC dengan berbagai fitur canggih juga semakin beragam.

Meski penggunanya cukup banyak, ternyata tidak semua orang tahu tentang apa itu mobil LCGC. Beberapa orang juga tidak memahami keunggulan mobil LCGC dibanding tipe mobil lainnya. Pembahasan selengkapnya terkait hal tersebut bisa kamu simak dalam artikel berikut.

Apa itu mobil LCGC?

potret Toyota Calya (instagram.com/puncakindahmotor)

Low Cost Green Car atau mobil LCGC adalah salah satu jenis mobil yang dikembangkan sesuai program pemerintah sebagai kendaraan ekonomis yang ramah lingkungan. Mobil ini diciptakan dengan fokus pada efisiensi bahan bakar dengan emisi gas buang yang lebih rendah. Umumnya, jenis mobil ini memiliki kapasitas mesin lebih kecil yang berkisar 1.000—1.200 cc.

Selain harga yang lebih terjangkau, mobil LCGC juga dibebaskan dari Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Gak heran jika harga jual mobil LCGC lebih rendah dibandingkan mobil konvensional yang ditujukan untuk menyasar segmen masyarakat menengah ke bawah.

Karakteristik mobil LCGC

ilustrasi mobil Honda Brio bekas (instagram.com/mobil_autozir)

Mobil LCGC memiliki karakteristik yang membedakannya dari kendaraan biasa. Pertama, mobil ini dirancang untuk menawarkan harga yang lebih terjangkau dengan batasan harga yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menggaet lebih banyak konsumen. 

Kedua, mobil ini juga mengutamakan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Setidaknya, konsumsi bahan bakarnya minimal sekitar 20 km/liter. Di samping itu, mobil LCGC juga wajib memenuhi standar emisi Euro 4 untuk mengurangi dampak buruk bagi lingkungan.

Selain itu, fitur-fitur pada mobil LCGC biasanya lebih sederhana dibanding mobil lain di kelas yang lebih tinggi. Hal itu dilakukan untuk menjaga biaya produksi dan perawatannya agar tetap rendah. Meskipun begitu, mobil ini nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Contoh mobil LCGC di Indonesia

Daihatsu Sigra (instagram.com/mobilsecond888)

Industri otomotif terus berkembang dengan berbagai inovasi, termasuk di segmen mobil LCGC (Low Cost Green Car). Jika kamu sedang mencari mobil LCGC terkini, berikut adalah beberapa daftar mobil LCGC terbaru dari berbagai merek yang bisa menjadi pilihanmu:

  1. Suzuki Alto
  2. Toyota Agya
  3. Toyota Calya
  4. Daihatsu Ayla
  5. Daihatsu Sigra
  6. Honda Brio Satya
  7. Mitsubishi Mirage
  8. Nissan Datsun GO
  9. Suzuki Karimun Wagon R
  10. Mitsubishi Expander Cross

Baca Juga: 7 Perbedaan Mobil LCGC dengan Mobil Biasa, Fitur hingga Performa

Keuntungan membeli mobil LCGC

Toyota Agya (instagram.com/neo.mobilindo)

Masih ragu untuk menjadikan mobil LCGC sebagai kendaraan harianmu? Sebaiknya simak dulu beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan membeli mobil LCGC berikut ini.

1. Harga yang lebih terjangkau

Mobil LCGC ditujukan untuk segmen pasar yang membutuhkan kendaraan dengan harga terjangkau. Mobil ini biasanya dibanderol dengan harga di bawah Rp150 juta, sesuai kebijakan pemerintah terkait program LCGC. Harga jual mobil ini yang terjangkau diberlakukan oleh pemerintah demi mendukung program kendaraan hemat energi.

2. Lebih irit bahan bakar

Pengin punya mobil yang gak boros bahan bakar? Mobil LCGC adalah pilihan tepat karena mobil ini dirancang dengan teknologi hemat bahan bakar. Konsumsi BBM-nya diperkirakan mencapai 20—25 km/liter. Jadi, cukup hemat bila digunakan untuk mobilitas harian.

3. Mobil yang ramah lingkungan

Perlu diketahui juga bahwa mobil LCGC memenuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah dalam mengurangi polusi udara. Mobil ini dilengkapi dengan mesin berteknologi canggih yang menghasilkan emisi gas buang rendah. Oleh sebab itu, menggunakan mobil LCGC bisa jadi pilihan alternatif buat kamu yang mendukung gerakan lingkungan hidup berkelanjutan.

4. Perawatannya lebih mudah

Komponen mobil LCGC biasanya tidak memerlukan biaya tinggi untuk perawatannya. Suku cadangnya pun mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Hal ini membuat LCGC cocok untuk pengguna yang menginginkan mobilitas dengan biaya operasional rendah.

5. Desainnya compact dan fungsional

Umumnya, mobil LCGC memiliki desain yang compact sehingga cocok untuk digunakan di jalanan perkotaan yang sering macet. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat mobil LCGC mudah diparkir dan fleksibel bermanuver di ruang sempit. Meskipun tampak kecil, mobil LCGC mampu menampung hingga kapasitas 5 orang penumpang, lho.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya