TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Kompresi Motor? Ini Arti dan Cara Meningkatkannya

Ternyata penting untuk dicek secara rutin

ilustrasi mesin motor (unsplash.com/Joao Viegas)

Jakarta, IDN Times – Kompresi motor merupakan istilah otomotif yang cukup sering dibahas. Pengecekan kompresi pada motor juga dianggap penting untuk dilakukan secara rutin. Namun, masih banyak orang yang masih awam tentang arti kompresi motor itu sendiri.

Beberapa orang bahkan mengira bahwa kompresi motor sama dengan rasio kompresi. Padahal, keduanya merupakan dua hal yang berbeda.

Lantas, apa itu kompresi motor? Kamu bisa temukan jawabannya dalam artikel berikut. Jadi, simak sampai habis, ya.

Apa itu kompresi motor?

ilustrasi piston motor (unsplash.com/Leonardo Moreno)

Kompresi motor adalah sebuah indikator yang menunjukkan jumlah tekanan yang ada di dalam silinder mesin motor. Proses kompresi terjadi ketika bahan bakar masuk ke dalam ruang bakar. Nantinya, bahan bakar akan dipadatkan oleh piston menuju titik mati atas mesin.

Umumnya, pengecekan tekanan pada silinder mesin motor dilakukan secara berkala. Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk menghindari kebocoran kompresi pada mesin motor. Sebab, kebocoran mesin yang tidak segera ditangani akan berakibat fatal 

Biasanya, kompresi motor diukur menggunakan alat bernama compression gauge. Alat ini disambungkan ke lubang besi melalui adaptor. Selanjutnya, tekan electric starter agar mesin menyala dan pengukuran kompresi motor bisa mulai dilakukan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Kompresi dan Rasio Kompresi, Biar Gak Salah Isi Bensin

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya