TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ciri Fan Belt Mobil Harus Diganti

Segera ganti jika sudah terlihat tanda-tanda ini

Ilustrasi servis mobil (Unsplash/ Kate Ibragimova)

Jakarta, IDN Times - Tanda fan belt harus segera diganti dapat kamu perhatikan melalui beberapa kondisi, salah satunya adalah jarak tempuh. Fan belt harus segera diganti ketika telah digunakan sejauh 25.000 km, atau menyesuaikan kondisi. Jika memang sudah waktunya diganti, walaupun belum 25.000 km, kamu tetap harus mengganti fan belt dengan yang baru.

Fan belt merupakan salah satu komponen vital pada mobil yang punya fungsi untuk menghubungkan pulley yang tidak berkaitan dengan blok mesin seperti alternator, AC, power steering, water pump, dll. Lalu, bagaimana ciri-ciri fan belt harus diganti? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Suara decit saat mobil dihidupkan

ilustrasi menyalakan mobil (hondabintangtabanan.co.id)

Ciri pertama sebagai tanda bahwa fan belt mobil harus segera diganti adalah timbulnya bunyi berdecit saat kamu mulai menyalakan mobil di pagi hari. Mengapa hal ini bisa terjadi? Bunyi decit tersebut muncul akibat gesekan dengan pulley dan belum memuai karena panas sehingga memunculkan suara decitan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt, Sudah Tahu?

2. Fan belt terlihat retak

sandipointe.com

Kamu juga bisa melihat ciri-ciri fan belt harus diganti melalui fisiknya. Karena fan belt terbuat dari karet yang harus menahan panas dan gesekan mesin, lama-kelamaan fan belt akan menjadi pecah-pecah bahkan muncul keretakan. Caranya, kamu tinggal balikkan fan belt dan lihat bagian dalam apakah ada retakan atau pecah-pecah.

Jika sudah seperti ini, sebaiknya lakukan penggantian fan belt di bengkel resmi dan tepercaya. Jangan biarkan hingga fan belt putus ketika kamu berkendara, karena akan sangat merepotkan.

Baca Juga: Step by Step Mengganti Van Belt Motor Matic

3. Fan belt tidak elastis lagi

Bukalapak.com/Van belt motor

Selanjutnya, karena fan belt terbuat dari karet, jika digunakan lama-kelamaan karet tersebut akan mengendur atau tidak elastis lagi. Jika sudah seperti ini, kinerja fan belt pun akan terganggu dan harus segera dilakukan penggantian dengan yang baru.

Baca Juga: Jangan Lupa, Van Belt Motor Matic Harus Diganti Tiap Kilometer Segini

4. Fan belt terasa getas

pinterest

Selain tidak elastis, fan belt yang sudah lama digunakan juga akan terasa getas atau mudah rapuh. Hal ini disebabkan karena fan belt harus bekerja terus-menerus pada suhu tinggi. Jika sudah rapuh, segera lakukan penggantian karena apabila dibiarkan, fan belt akan mudah putus.

Baca Juga: Jangan Coba-coba, Servis Motor Kesayanganmu Pasti dari yang Ahli

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya