TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Hal Menarik tentang Japan Mobility Show 2023

Japan Mobility Show 2023 akan digelar 26 Oktober

(Dok. japan-mobility-show.com)

Jakarta, IDN Times - Asosiasi Produsen Mobil Jepang segera meggelar Japan Mobility Show 2023, setelah sempat absen karena pandemik COVID-19. Pameran otomotif paling bergengsi yang sebelumnya bernama Tokyo Motor Show (TMS) ini menawarkan spektrum yang lebih luas.

Japan Mobility Show 2023 akan diadakan di Tokyo Big Sight, Ariake Koto-ku, Tokyo, mulai 28 Oktober hingga 5 November 2023. Pameran kendaraan internasional ini digadang-gadang akan menyajikan inovasi teknologi mobilitas yang lebih lengkap, di luar kendaraan roda empat.

Japan Mobility Show 2023 akan menampilkan partisipasi tidak hanya dari industri otomotif, tetapi juga perusahaan-perusahaan mapan dan startup dari berbagai industri lain yang aktivitasnya melampaui mobilitas. Berikut tujuh hal tentang Japan Mobility Show 2023 yang perlu kamu tahu!

Baca Juga: Toyota Hadirkan Masa Depan di Japan Mobility Show 2023

Baca Juga: Toyota Hadirkan Masa Depan di Japan Mobility Show 2023

1. Sebanyak 475 perusahaan siap berpartisipasi

(Dok. japan-mobility-show.com)

Sebanyak 475 perusahaan akan berpartisipasi dalam Japan Mobility Show 2023, jauh melebihi edisi sebelumnya (2019) yang hanya melibatkan 192 perusahaan.

Japan Mobility Show 2023 bertujuan menjadi tempat kolaborasi yang unik--sebuah pertunjukan di mana peserta pameran dan pengunjung dapat berdiskusi dan bersama-sama membayangkan seperti apa masa depan.

Acara utama Japan Mobility Show 2023 terdiri dari beberapa bagian, antara lain Tokyo Future Tour; Startup Future Factory; Japan Future Session; H2 Energy Festival; Out of KidZania in JMS 2023; Food Court; Motorsports Area; Other Organizer Events; dan berbagai acara lainnya.

2. Empat teater menampilkan masa depan Tokyo

(Dok. japan-mobility-show.com)

Sebanyak 177 perusahaan telah menandatangani untuk berpartisipasi dalam Tokyo Future Tour, sebuah upaya lintas industri untuk menggambarkan bagaimana berbagai jenis mobilitas baru akan membantu menciptakan masa depan yang cerah.

Selain Immersive Theatre, Tokyo Future Tour menyajikan empat area interaktif yang menampilkan empat tema berbeda (Life, Emergency, Play/Food) yang secara dramatis akan menunjukkan bagaimana mobilitas baru akan berdampak pada kehidupan masa depan.

Misalnya, teater Emergency dan Mobilitas--menampilkan kolaborasi khusus dengan Godzilla -1.0, yang akan dirilis di Jepang pada 3 November 2023, akan menunjukkan bagaimana mobilitas baru akan memberikan bantuan penting dalam situasi darurat, termasuk bencana alam. Tujuannya adalah untuk menyampaikan visi persatuan dan keamanan pada saat krisis.

3. Batu loncatan bagi startup papan atas

(Dok. japan-mobility-show.com)

Japan Mobility Show 2023 juga akan menjadi batu loncatan bagi startup dan perusahaan papan atas untuk bersatu menciptakan masa depan mobilitas, serta akan menampilkan program Pitch Contest & Awards dan program Business Matching Events.

Program Pitch Contest & Awards akan diadakan pada 4 November 2023, dan sebanyak 116 startup telah menandatangani kontrak untuk menyampaikan visi bisnis mereka.

Lima belas startup yang aktivitasnya mencakup berbagai teknologi, misalnya, robot yang dikendalikan dari jarak jauh untuk meningkatkan efisiensi dan mobilitas yang didukung transfer daya nirkabel.

Startup ini akan mendapatkan pendanaan setelah melalui proses peninjauan ketat yang dilakukan sembilan juri, termasuk tujuh pakar yang paham startup. Penyiar Rio Hirai akan menjadi MC acara tersebut.

Baca Juga: Mazda CX-60 Laris Manis, Ini Varian dan Warna Paling Banyak Dipesan

4. Sekitar 100 startup pamerkan produk teknologi masa depan

(Dok. japan-mobility-show.com)

Lebih dari 100 startup yang terlibat dalam penciptaan mobilitas masa depan juga akan memamerkan stan promosi untuk berbagi produk, teknologi, dan layanan terbaru mereka.

Produk yang dipamerkan beragam, mulai dari berbagai jenis drone, antara lain drone udara, drone akuatik, hingga balon udara yang mampu terbang ke luar angkasa.

5. Puluhan pakar siap berbagi ilmu dalam diskusi Japan Future Session

(Dok. japan-mobility-show.com)

Untuk acara Japan Future Session akan menyuguhkan serangkaian presentasi dan diskusi harian yang fokus pada masa depan mobilitas dan mencakup berbagai topik, mulai dari keberlanjutan hingga AI, serta topik yang lebih mudah diakses seperti olahraga motor dan mainan.

Pengunjung dari semua usia dan latar belakang dapat bergabung untuk berbagi keseruan tentang masa depan mobilitas. Isu netralitas karbon dan lingkungan dengan mempertimbangkan seluruh siklus hidup mobilitas, termasuk manufaktur, juga akan dibahas dalam acara Japan Future Session.

Banyak pembicara yang hadir dalam acara ini, di antaranya Keigo Kitahara (COO/CMO, ExRoad Co., Ltd.), Kazuhide Sekiyama (Direktur dan Pejabat Eksekutif Perwakilan, Spiber Inc.), Kaname Hayashi (CEO, GROOVE X, Inc.), Ory Yoshifuji (Co-founder and CVO, OryLab Inc.), Naoto Kato (CEO, Cluster, Inc.), Shyuichi Tatsunami (Pro-Minecrafter), dan Toshinao Sasaki (Writer, Journalist).

6. Beragam panggung hiburan siap hibur pengunjung

(Dok. japan-mobility-show.com)

Japan Mobility Show 2023 juga tidak hanya pameran otomotif, tetapi juga dimeriahkan dengan beragam hiburan. Seperti di acara H2 Energy Festival, terdapat acara hiburan dengan melibatkan puluhan artis dan komedian populer.

Mereka akan menghibur setiap hari selama Japan Mobility Show 2023 berlangsung di tempat khusus yang ditenagai hidrogen, sumber energi yang menggerakkan masa depan mobilitas.

Namun, tiket pertunjukan festival ini harus dibeli terpisah dari tiket Japan Mobility Show 2023, dan penjualan tiket hanya secara online mulai 5 Oktober 2023 pukul 12.00 waktu setempat.

Pada sesi pembukaan akan menampilkan pertunjukan spesial artis dari grup manajemen LDH. Mereka di antaranya The Rampage, Ma55ive The Rampage, Ballistik Boyz, Lil League, Wolf Howl Harmony, dan Kid Phenomenon. Acacra ini dimulai pukul 16.00 pada 28 Oktober 2023.

Sedangkan, pertunjukan komedi akan menampilkan komedian populer dari agensi Yoshimoto Kogyo, yang akan menampilkan aksi yang menggabungkan komedi dan mobilitas. Pengunjung bisa menikmati pertunjukan ini sambil belajar tentang mobilitas generasi mendatang.

Festival hip-hop Jepang terbesar, The Hope, yang baru-baru ini terjual habis dalam pertunjukan berkapasitas 30 ribu kursi, juga siap menggebrak pangunjung Japan Mobility Show 2023, bertema “The Hope Presents Japanese Hiphop Sateg."

Banyak artis hiphop terkemuka akan tampil di The Hope 2023 dengan meriah, serta DJ Chari bersama Friends/DJ Ryow dan Friends yang siap membuat heboh acara tersebut. Ada juga Xin dan Kenya, dari grup hiphop Bleecker Chrome yang tenar melalui penampilan m-flo mereka dengan lagu “Come Again” dan Carz, juara The Hope Next Generation Rappers, yang mewakili generasi baru hiphop Jepang.

7. KidZania juga akan menyuguhkan pengalaman anak-anak di dunia kerja

(Dok. japan-mobility-show.com)

Bagi pengunjung yang mengajak anak-anak, ada area KidZania, yang siap menyuguhkan acara bertema “Kota Tempat Anak-Anak Dapat Bekerja” setelah sukses digelar pada Tokyo Motor Show 2019.

Reservasi tersedia mulai 5 Oktober 2023. Acara untuk anak-anak sekolah dasar ini akan menampilkan 11 program permainan peran pekerjaan terkait mobilitas, mulai dari pemodel mobil dan mekanik hingga insinyur ahli, yang memungkinkan anak-anak menjelajahi “pekerjaan impian” mereka, sambil bersenang-senang. Bagi anak-anak prasekolah di bawah usia tiga tahun dapat berpartisipasi dalam aktivitas terpisah KidZania secara gratis.

8. Makanan lezat khas Jepang siap manjakan pengujung

(Dok. japan-mobility-show.com)

Tak hanya itu, di area Food Court, pengunjung Japan Mobility Show 2023 juga bisa berburu beragama kuliner khas Jepang. Di empat ini pengunjung berkesempatan mencicipi makanan lezat dari seluruh kuliner Jepang.

Diproduksi oleh influencer makanan ternama Fall in Debu Hassy (Yo Hashimoto), termasuk Gourmet Kingdom dan Japan Meat Show, area ini akan menampilkan banyak pilihan pemasok makanan lezat, mulai restoran, kedai, hingga truk makanan.

9. Harga tiket mulai harga Rp150 ribuan

(Dok. japan-mobility-show.com)

Tiket masuk Japan Mobility Show 2023 mulai dijual pada 30 Agustus 2023. Penjualan tiket hanya dilakukan secara online dan tiket tidak akan tersedia di tempat pertunjukan.

Pengunjung bisa mengakses website resmi Japan Mobility Show 2023 di link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut mengenai tiket dan pembelian tiket (URL: https://www.japan-mobility-show.com/en/ticket/).

Ada tiga kategori tiket yang dijual, yakni dewasa, pelajar, siswa sekolah dasar atau di bawahnya. Kategori dewasa dibagi menjadi tiga jenis mulai harga 3,000 yen (atau sekitar Rp318 ribu) untuk tiket masuk pada hari yang sama, 2.700 yen yang dibeli sebelum acara (27 October 2023), dan 1.500 yen untuk tiket yang dibeli setelah pukul 16.00 kecuali Minggu.

Pengunjung dewasa akan dikenakan tiket lebih mahal pada pukul 09.00 dan 10.00, yakni 3.500 yen, dan 4.000 yen khusus pada 27 Oktober 2023 antara pukul 12.30 dan 18.00.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya