TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Perbandingan Innova Reborn dan Zenix, Harga Selisih Rp29 Jutaan

Mana yang jadi pilihanmu?

ilustrasi perbandingan Innova Reborn dan Zenix (dok. Toyota Astra)

Toyota adalah salah satu merek mobil terkenal di Indonesia. Dua varian mobil dari merek tersebut yang cukup tersohor dan banyak diminati adalah Toyota Innova Reborn dan Toyota Innova Zenix.

Kedua mobil tersebut memiliki perbedaan karakteristik tampilan dan fitur yang disematkan. Penasaran seperti apa perbandingan Innova Reborn dan Zenix? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Spesifikasi dapur pacu

ilustrasi mesin mobil Innova Zenix (dok. Toyota Astra)

Perbandingan Innova Reborn dan Zenix pertama terletak pada sektor yang paling penting, yakni mesin. Terdapat dua pilihan mesin yang tersedia untuk Toyota Kijang Innova Zenix, yaitu mesin bensin dan mesin hybrid

Mesin bensin standar M20A-FKS dilengkapi dengan dual VVT-i, empat silinder, dan berkapasitas 2.0 liter. Pada 6.600 rpm, mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 174 ps dan torsi maksimum sebesar 204,9 Nm.

Sementara itu, versi hybrid-nya ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 152 ps dan torsi sebesar 187,3 Nm. Kombinasi antara mesin bensin dan motor listrik akan menghasilkan tenaga sebesar 186 ps.

2. Tampilan depan

ilustrasi tampak depan New Kijang Innova (dok. Toyota Astra)

Dibandingkan dengan generasi terbarunya, Kijang Innova Reborn memiliki desain yang lebih kotak. Di sisi lain, lampu depannya dirancang dengan baik, menggunakan teknologi LED dan proyektor. Grill-nya juga memiliki bilah horizontal yang tersusun dalam pola heksagonal.

Sementara, desain eksterior Innova Zenix berevolusi dari model sebelumnya. Generasi ketujuh Toyota Kijang ini mengusung platform TNGA-C yang didesain ulang dengan struktur monokok serta gaya yang menyerupai crossover.

Lampu depan LED pada bagian depan hadir dengan grill heksagonal yang lebih lebar dibanding versi sebelumnya, serta dibuat tipis. Untuk memberikan kesan SUV, kap mesinnya pun turut dinaikkan.

3. Tampilan samping

ilustrasi tampilan samping Toyota Innova Reborn (instagram.com/taufik.feby)

Beralih ke bagian samping Innova Reborn, garis yang menghubungkan lampu depan utama dengan lampu belakang memberikan kesan ramping pada desainnya. Desain pilar C mirip dengan Toyota Calya yang berbentuk kotak dan bersudut. 

Dari samping, profil bodi Innova Zenix terlihat lebih gagah dan berwibawa. Hal ini berkat pilar A yang lebih tegak dan pilar C yang lebih condong ke belakang. 

Selain itu, overhang depan dan belakang dibuat lebih pendek dibandingkan model sebelumnya. Sementara, di bagian belakang lampu belakang Kijang Innova Zenix kini tampil lebih tajam serta memberikan kesan modern.

4. Tampilan dalam

ilustrasi kemudi Toyota Kijang Innova Zenix (toyota.astra.co.id)

Interior Kijang Innova Reborn terbilang mewah dan cukup modern. Kabinnya dapat menampung delapan penumpang. Kamu akan mendapatkan kesan kenyamanan ekstra, karena terdapat panel motif kayu dan ambient lighting pada tipe V.

Tak hanya itu, bagian dalam Innova Reborn versi G dan V memiliki jok yang dilapisi dengan warna Noble Brown. Sementara itu, versi Venturer memiliki panel kayu berwarna lebih gelap dan jok kulit hitam dengan jahitan merah, yang memberikan tampilan elegan dan mewah.

Di sisi lain, interior Kijang Innova Zenix juga memancarkan kesan kemewahan. Bagian dalam varian tertinggi Q HV, dilengkapi dengan kulit sintetis hitam. Sementara itu, model dengan level lebih rendah seperti G, G HV, dan V menggunakan bahan fabric, dan V HV dilengkapi dengan fabric berembos.

Baca Juga: Perbandingan Panther Reborn vs Innova Reborn!

5. Roda kendaraan

ilustrasi ban Innova Reborn (dok. Toyota Astra)

Untuk Kijang Innova Zenix tipe Q HV menggunakan velg alloy berukuran 18 inci, tipe V menggunakan velg berukuran 17 inci, dan tipe G berukuran 16 inci. Sementara, Varian V dari Innova Reborn menggunakan velg 16 inci. Tentunya, tampilan kaki-kaki Innova Zenix akan terlihat lebih gagah dengan ring roda yang besar.

Selain itu, untuk penggerak roda Innova Reborn menggunakan tipe Rear Wheel Drive atau RWD. Di luar itu, Toyota Innova Zenix mengandalkan penggerak roda depan (FWD) untuk menyalurkan tenaganya.

6. Dimensi

ilustrasi dimensi Toyota Innova Reborn V 2.4 AT (instagram.com/66mobilindo)

Selain desain velg yang lebar, Toyota Innova Zenix juga memiliki dimensi yang lebih terlihat besar. Terbukti, MPV ini memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm, wheelbase 2.850 mm, dan ground clearance 185 mm. Sementara itu, Innova Reborn memiliki dimensi yang lebih kecil, yakni Kijang Innova Reborn memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm.

7. Fitur hiburan

ilustrasi layar hiburan pada Toyota Kijang Innova Zenix (toyota.astra.co.id)

Pada Innova Zenix tipe Q dan V, dilengkapi dengan layar 10 inci untuk fungsi hiburan, sedangkan varian G menggunakan layar 9 inci. Layar tersebut dilengkapi dengan NFC E-Toll Card Checking, WiFi, Bluetooth, dan fitur pengenalan suara.

Khususnya, versi Q memiliki layar 10 inci di baris kedua untuk hiburan kursi belakang ganda dengan koneksi internet. Dengan begitu, baik penumpang maupun pengemudi, akan mendapatkan hiburan yang sama saat berkendara.

Sementara, Toyota Innova Reborn dibekali dengan head unit 8 inci yang memiliki radio, USB, Bluetooth, dan fitur mirroring untuk hiburan. Di sisi lain, varian V menggunakan Head Unit Versatile 9 inci yang baru yang terhubung dengan smartphone dan menggunakan teknologi Miracast

8. Fitur keselamatan

ilustrasi fitur keselamatan New Kijang Innova (dok. Toyota Astra)

Saat membahas fitur keselamatan, pada mobil Innova Zenix model Q HV, sudah dilengkapi dengan enam airbag, sedangkan varian di bawahnya hanya memiliki dua. Tak hanya itu, semua model Kijang Innova Zenix dilengkapi dengan rem cakram ABS + EBD + BA, sensor parkir, kamera parkir, kontrol stabilitas kendaraan, dan assist start di tanjakan.

Khusus varian Q HV, memiliki beberapa fitur keselamatan tambahan, yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Fitur tersebut mencakup beberapa aspek, seperti Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya