TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Ban Serep di Mobil Gak Boleh Diisi Nitrogen? Ini Sebabnya

Sebaiknya diisi angin biasa saja, ya

Ban serep model "konde" (IDN Times/Fadhliansyah)

Ban serep termasuk satu hal yang perlu dibawa saat berkendara. Fungsi utamanya sebagai cadangan jika salah satu ban utama mengalami kerusakan di jalan.

Saat ini, banyak pengendara yang memilih mengisi ban dengan nitrogen dibandingkan angin biasa karena keuntungan yang ditawarkannya. Namun, sayangnya hal itu tidak bisa dilakukan pada ban serep.

Ada alasan tertentu kenapa ban serep sebaiknya tidak diisi dengan nitrogen. Penasaran kenapa ban serep di mobil gak boleh diisi nitrogen? Untuk mengetahui alasannya, simak artikel IDN Times ini sampai habis, ya.

1. Kenapa ban serep di mobil gak boleh diisi nitrogen?

Ilustrasi ban serep (dok. Mitsubishi)

Alasan utama kenapa ban serep di mobil gak boleh diisi nitrogen karena suhu nitrogen lebih rendah dibanding angin biasa. Hal itu dapat menyebabkan karet ban serep yang cenderung jarang dipakai getas dan retak. 

Namun, kamu bisa mengakali hal tersebut dengan merotasi ban serep dengan ban utama secara berkala, misalnya setiap 10.000 km. Langkah ini dilakukan agar ban cadangan bisa mendapatkan panas dan gesekan dengan permukaan jalan sehingga membantu mempertahankan elastisitas karetnya. 

Tak hanya itu, kamu juga perlu melakukan pengecekan tekanan angin secara rutin, setidaknya setiap bulan sekali. Hal itu diperlukan untuk memastikan bahwa tekanan angin tidak mengalami penurunan signifikan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya