TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jakarta ke Bandung Berapa Jam? Ini Estimasi Waktunya

Lebih cepat kalau naik Whoosh

ilustrasi jalan tol (unsplash.com/Muhamad Guntur)

Perjalanan dari Jakarta menuju Bandung kini semakin mudah dengan berbagai pilihan moda transportasi. Masyarakat dapat menggunakan kendaraan pribadi melalui Tol Cipularang atau memanfaatkan beragam transportasi umum yang tersedia.

Untuk itu, durasi perjalanan Jakarta—Bandung sangat tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan. Nah, berikut penjelasan mengenai waktu tempuh Jakarta ke Bandung berapa jam berdasarkan transportasi yang digunakan.

1. Menggunakan mobil pribadi via tol

ilustrasi berkendara dekat truk (pexels.com/Mike Bird)

Bagi yang menggunakan mobil pribadi dan memilih jalur Tol Cipularang, jarak yang harus ditempuh sekitar 184 kilometer. Dengan kecepatan rata-rata sekitar 80 kilometer per jam, waktu perjalanan diperkirakan sekitar 3 jam 20 menit.

Rute umum menggunakan tol dari Jakarta menuju Bandung adalah melewati Tol Jakarta-Cikampek. Kemudian, dilanjutkan ke Tol Cipularang dan keluar di gerbang tol Cikamuning atau Padalarang.

Selain itu, alternatif lain yang bisa dipilih adalah melalui Jakarta Outer Ring Road (JORR), atau menggunakan Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ). Setelah itu, pengendara bisa melanjutkan ke Tol Cipularang hingga mencapai Purbaleunyi.

Baca Juga: Jakarta ke Jogja Berapa Jam Naik Mobil? Ini Estimasinya

2. Kereta Api

ilustrasi kereta api di Indonesia (unsplash.com/hydngallery)

Perjalanan Jakarta ke Bandung memiliki beragam pilihan bagi kamu yang lebih suka bepergian dengan kereta api. Mulai dari kelas ekonomi seperti KA Serayu dan KA Cikuray, hingga kelas mewah seperti kereta panoramic dan luxury dari KA Argo Parahyangan serta KA Pangandaran.

Stasiun keberangkatan yang bisa dipilih meliputi Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, atau Stasiun Jatinegara. Waktu tempuh perjalanan kereta ini bervariasi antara 2 jam 45 menit hingga 4 jam, tergantung jenis kereta yang dipilih, ya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya