TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Cara Cek Izin Kelaikan Bus Pakai Aplikasi dari Kemenhub

Demi perjalanan aman dan nyaman

ilustrasi bus pariwisata (instagram.com/pandawa87banyuwangi)

Kamu ingin bepergian menggunakan layanan bus? Alangkah baiknya untuk mengetahui kelaikan bus yang akan kamu tumpangi demi keamanan dan keselamatan selama perjalanan. 

Untuk mewujudkan hal itu, bisa coba cara cek izin kelaikan bus sebelum melakukan perjalanan atau memilih armadanya. Langkah mengeceknya, simak artikel IDN Times berikut ini.

1. Cara cek izin kelaikan bus via aplikasi MitraDarat

ilustrasi orang menggunakan aplikasi (unsplash.com/freestocks)

Kemajuan teknologi membuatmu dapat dengan mudah memeriksa kelaikan bus sebelum memulai perjalanan. Salah satu caranya bisa menggunakan aplikasi MitraDarat yang dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan.

MitraDarat adalah aplikasi serba guna yang menyediakan berbagai informasi mengenai pengawasan, perizinan, dan operasional dalam bidang transportasi darat. Termasuk layanan bus.

Bagaimana cara cek izin kelaikan bus menggunakan aplikasi MitraDarat? Berikut tutorialnya:

  1. Unduh aplikasi MitraDarat oleh Kementerian Hubungan di Play Store atau App Store
  2. Pada tampilan aplikasi MitraDarat, terdapat fitur ‘Cek Laik’ guna mengetahui izin kelaikan jalan layanan bus, baik bus pariwisata maupun  bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi)
  3. Masukan nomor kendaraan bus yang akan kamu tumpangi
  4. Database aplikasi MitraDarat yang dikelola Kementerian Perhubungan akan menampilkan informasi mengenai izin trayek serta hasil uji KIR dari bus yang kamu cek
  5. Dengan begitu, kelaikan bus tersebut dapat terlihat. Kamu bisa mengeceknya melalui izin operasional angkutan dan keterangan kelulusan uji berkala yang ditampilkan. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Bus Pariwisata dengan Fasilitas Terbaik

2. Cara cek izin kelaikan bus menggunakan SPIONAM

Ilustrasi membuka situs SPIONAM dengan laptop (Unsplash.com/Glenn Carstens Peters)

Selain aplikasi MitraDarat, kamu juga dapat mengecek izin kelaikan bus menggunakan situs SPIONAM yang juga dikelola Kementerian Perhubungan. Adapun SPIONAM merupakan singkatan dari Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan Multimoda.

Situs SPIONAM dapat dimanfaatkan untuk mengetahui dan mencegah angkutan ilegal terus beroperasi. Melalui situs ini, kamu pun dapat melihat kelaikan bus dan perizinannya. Untuk langkahnya seperti berikut:

  1. Pertama kamu membutuhkan perangkat dengan akses internet, lalu masuk ke situs https://spionam.dephub.go.id/
  2. Pada tampilan situs di sebelah kanan atas, pilih ‘Cek Kendaraan’
  3. Masukan nomor kendaraan atau pelat nomor bus yang akan ditumpangi
  4. Akan muncul informasi terkait data pelat nomor kendaraan, nama perusahaan otobus (PO), Nomor Kartu Pengawas (KPS), Izin Angkutan dan masa berlakunya, hingga masa berlaku uji berkala kendaraan (BLUe).

Jika nomor polisi kendaraan atapun nama PO tidak ditemukan hasilnya, maka dapat dipastikan kendaraan itu belum melakukan uji berkala serta tidak memiliki izin kelaikan bus.

Tips aman naik bus

ilustrasi mudik naik bus (unsplash.com/Ash Gerlach)

Tak dapat dimungkiri bahwa bus menjadi salah satu pilihan transportasi yang cukup populer di Indonesia. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami kendala saat menggunakan layanan bus. 

Berikut ini beberapa tips naik bus agar perjalanan aman dan nyaman:

  • Cari informasi kelaikan bus lewat aplikasi MitraDarat ataupun situs SPIONAM sebelum melakukan perjalanan.
  • Datang lebih awal sebelum keberangkatan agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman.
  • Bawa barang seperlunya agar mengurangi risiko tercecer dan hilang selama perjalanan. Selain itu, kamu harus memastikan tas dan koper terkunci rapat demi keamanan ekstra.
  • Untuk mendapat kenyamanan lebih saat duduk di dalam bus, IDN Times menyarankan agar kamu membawa bantal leher, terlebih jika rute yang ditempuh cukup jauh.
  • Banyak perusahaan otobus (PO) yang menyediakan makan dan minum selama perjalanan dengan bus. Namun, baiknya kamu tetap membawa makanan dan minuman agar terhindar tidak dan haus ketika perjalanan.
  • Terakhir, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, ya.

Itulah beberapa cara cek izin kelaikan bus serta tips naik bus agar aman. Hal ini penting dilakukan karena bus yang tidak lulus uji ataupun masa izinnya habis bisa mendatangkan risiko tak terduga.

Penulis: Muhammad Raffash Putra Wibiksana

Baca Juga: Penyebab Rem Bus Blong dan Tips Mencegahnya, Wajib Dipahami!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya