TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu ADAS Mobil? Ini Penjelasan Fungsi dan Fiturnya

Bisa digunakan untuk mencegah kecelakaan

ilustrasi fitur keselamatan pada Nissan Serena e-Power (dok. Nissan Indonesia)

Dalam upaya mengurangi risiko kecelakaan dan memberikan pengalaman berkendara lebih aman, ADAS hadir sebagai salah satu fitur kendaraan masa kini. Banyak produsen mobil yang berlomba untuk mengadaptasi teknologi ini.

Lantas, apa itu ADAS mobil? Yuk, simak ulasan selengkapnya pada artikel dari IDN Times di bawah ini!

1. Apa itu ADAS mobil?

ilustrasi ADAS dan DMS untuk mobil (IDN Times/Fadhliansyah)

Advanced Driver Assistance Systems atau ADAS adalah serangkaian teknologi canggih yang dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengemudi serta penumpang saat berkendara. ADAS merupakan salah satu inovasi penting dalam dunia otomotif modern, di mana berbagai fitur terintegrasi di dalam kendaraan untuk memberikan perlindungan tambahan dalam mencegah kecelakaan.

Sistem ADAS bekerja dengan menggunakan sensor, kamera, dan teknologi pemantauan lainnya untuk memantau lingkungan di sekitar kendaraan. Perangkat ini mampu mendeteksi berbagai potensi bahaya, seperti kendaraan lain, pejalan kaki, rambu lalu lintas, hingga kondisi jalan yang berbahaya. Informasi yang diperoleh dari sensor dan kamera ini kemudian diolah untuk memberikan peringatan dini kepada pengemudi.

Baca Juga: Apa Itu Immobilizer? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya

2. Cara kerja ADAS mobil

ilustrasi mobil Ford Everest Titanium Next Gen punya fitur keselamatan lengkap (dok. Ford)

Setelah memahami apa itu ADAS mobil, rasanya tak lengkap jika tidak tahu cara kerja sistem ini. Berikut penjelasan mengenai cara kerjanya:

  1. Pengumpulan data
    Tahap pertama dalam proses ADAS adalah pengumpulan data melalui sensor-sensor yang terpasang di kendaraan. Sensor-sensor ini mencakup radar, kamera, sensor ultrasonik, dan lidar. 

  2. Analisis data
    Setelah data dikumpulkan, ADAS akan menganalisis informasi tersebut menggunakan algoritma dan teknologi kecerdasan buatan. Data ini kemudian diolah untuk mengidentifikasi potensi bahaya di sekitar kendaraan dan memperkirakan risiko terjadinya tabrakan.

  3. Pengambilan tindakan
    Berdasarkan hasil analisis, ADAS dapat mengambil tindakan secara otomatis, seperti mengaktifkan pengereman darurat, menyesuaikan kecepatan dengan kontrol kecepatan adaptif, atau mengoreksi jalur kendaraan.

  4. Peningkatan keselamatan
    Dengan teknologi yang memberikan peringatan dan intervensi otomatis, ADAS dapat mencegah kecelakaan atau mengurangi dampaknya. Sistem ini membantu pengemudi membuat keputusan yang lebih tepat, sekaligus mendukung keselamatan berkendara.

3. Fitur-fitur yang terdapat pada sistem ADAS mobil

ilustrasi fitur ADAS Adaptive Cruise Control (dok. Wuling)

Sistem Advanced Driver Assistance Systems atau ADAS menawarkan beragam teknologi yang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara lebih aman dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa fitur utama ADAS yang perlu kamu ketahui:

  • Adaptive Cruise Control (ACC)
    Fitur ini mampu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan secara otomatis. Sistem ini bisa membantu pengendaraan saat mengudi dalam perjalanan panjang di jalan raya karena bisa menjaga kecepatan dan jarak aman secara konsisten.

  • Blind Spot Detection (BSD)
    Fitur BSD membantu mengatasi blind spot atau titik buta di sekitar kendaraan. Dengan memberi peringatan saat ada kendaraan di area yang tidak terlihat oleh pengemudi, fitur ini mengurangi risiko kecelakaan saat berpindah jalur.

  • Peringatan Audio dan Visual
    Untuk meningkatkan kesadaran pengemudi terhadap kondisi sekitar, ADAS dilengkapi dengan peringatan suara dan visual. Sistem ini memberi isyarat ketika ada potensi bahaya sehingga pengemudi dapat segera merespons.

  • Automatic Emergency Braking (AEB)
    Teknologi AEB dirancang untuk mencegah tabrakan dengan mengaktifkan rem otomatis saat ada potensi benturan dengan kendaraan, objek, atau pejalan kaki di depan. Sistem ini bekerja menggunakan sensor dan radar yang memantau lingkungan sekitar mobil secara real-time.

  • Forward Collision Warning (FCW)
    Fitur ini mendeteksi potensi tabrakan di depan kendaraan menggunakan sensor dan kamera. Jika risiko terdeteksi, pengemudi akan diberi peringatan dini melalui suara, getaran, atau visual, memberikan waktu untuk menghindari kecelakaan.

  • Lane Departure Warning (LDW)
    Dengan bantuan sensor dan kamera, sistem ini memonitor posisi mobil di jalur. Jika kendaraan mulai menyimpang tanpa menggunakan lampu sein, pengemudi akan diperingatkan melalui suara, getaran, atau tampilan visual untuk mengoreksi kemudi dan menghindari kecelakaan.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu ADAS serta cara kerja dan fitur yang ada di dalamnya. Kalau kamu tertarik dengan informasi seputar otomotif lainnya, jangan lupa untuk mengecek IDN Times, ya.

Penulis: Muhammad Raffash Putra Wibiksana

Baca Juga: 8 Mobil dengan Fitur Keselamatan Aktif atau ADAS di Bawah Rp350 Juta!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya