TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Onderdil Motor yang Paling Mudah Rusak, Pengguna Harus Tahu!

Karena mudah rusak, sebaiknya rutin dicek, ya

ilustrasi rantai motor (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Motor adalah kendaraan yang sangat populer di Indonesia. Hampir setiap orang memiliki atau pernah menggunakan motor. Namun, seperti halnya kendaraan lainnya, motor juga bisa mengalami kerusakan.

Salah satu penyebab kerusakan motor adalah onderdil yang rusak. Nah, berikut adalah lima onderdil motor yang paling mudah rusak. Yuk, cari tahu!

1. Busi

ilustrasi busi motor matic (minit-tune.com)

Busi adalah salah satu onderdil yang paling sering rusak pada motor. Busi berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder. Jika busi rusak, motor akan sulit dinyalakan atau performanya akan menurun. Untuk mencegah kerusakan busi, pastikan untuk membersihkannya secara berkala dan menggantinya sesuai dengan rekomendasi pabrik.

2. Rantai

ilustrasi rantai motor (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Selanjutnya adalah rantai yang merupakan salah satu komponen penting pada motor. Rantai menghubungkan mesin dengan roda belakang dan mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda belakang. Jika rantai rusak atau kendor, motor tidak bisa digunakan atau performanya akan menurun. Untuk menjaga rantai tetap dalam kondisi baik, pastikan untuk membersihkannya dan melumasi dengan oli rantai secara teratur.

Baca Juga: Kenapa Motor Brebet Saat Digas? Berikut 7 Penyebabnya

3. Kampas Rem

ilustrasi kampas rem (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Kampas rem adalah bagain motor yang berfungsi untuk menghentikan motor. Kampas rem yang aus atau rusak akan mengurangi kemampuan pengereman motor dan meningkatkan risiko kecelakaan. Untuk mencegah kerusakan kampas rem, pastikan untuk memeriksa ketebalan kampas rem secara berkala dan menggantinya jika sudah tipis.

4. Aki

ilustrasi aki motor (pixabay.com/Ralphs_Fotos)

Yang keempat, ada aki sebagai sumber listrik utama pada motor. Aki yang rusak atau lemah akan membuat motor sulit dinyalakan atau mati mendadak saat sedang digunakan. Untuk menjaga aki tetap dalam kondisi baik, pastikan untuk memeriksa level air aki secara berkala dan menggantinya jika sudah habis atau terlalu tua.

Verified Writer

Pratama

Contact Us: axepratama00@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya