TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada! Ini Gejala Rem Blong

Salah satunya muncul suara berdecit

(pexels/Oleksandr P)

Rem blong adalah momok paling menakutkan bagi setiap pengendara. Sebab rem blong bisa mengakibatkan kecelakaan yang sangat fatal. Bahkan, menurut data kepolisian, sebagian besar kecelakaan kendaraan disebabkan rem blong.

Karena itu sangat penting mengetahui gejala rem blong. Nah, berikut beberapa gejala yang harus kamu waspadai jika terjadi pada mobilmu. Sebab bisa jadi ini adalah gejala rem blong.

1. Pedal rem terasa lebih ringan

ilustrasi dua mobil (freepik.com/rawpixel.com)

Kalau kamu merasa pedal rem mobilmu terasa lebih ringan saat diinjak, sebaiknya kamu segera waspada. Sebab bisa jadi minyak rem mobilmu sudah berkurang atau bahkan habis. Kalau minyam rem berkurang, maka tekanan dari dari pedal rem ke kampas rem juga akan berkurang, akibatnya pedal rem terasa lebih ringan. 

Karena itu segera cek volume minyam rem mobilmu. Pastikan volumenya tidak kurang dan tidak pula berlebih. Sebab terlalu banyak minyam rem juga bisa membuat pedal rem terasa keras. Selain itu pedal rem juga bisa terasa keras karena tersumbatnya saluran fluida, pecahnya selang vacum, silinder roda macet atau bagian kampas rem terkena oli. Semua ini berpotensi membuat rem blong.

Baca Juga: Gejala Oli Motor Mengalami Stres, Jangan Dibiarkan!

2. Pedal rem bergetar saat diinjak

(pexels/JÉSHOOTS)

Gejala lain rem akan blong adalah pedal rem terasa bergetar setiap kali diinjak. Gejala ini bisa muncul karena sepatu rem yang mengeras atau rem terkena oli. Jika tidak segera diatasi, maka bisa mengakibatkan rem blong.

Selain itu pedal rem yang bergetar setiap kali diinjak juga bisa disebabkan oleh piringan cakram atau teromol rem yang tidak rata. Akibatnya kampas rem tidak akan sempurna menekan cakram. Jika dibiarkan bisa berpotensi menyebabkan rem blong.

Oya, gesekan antara piringan cakram dengan kampas rem yang sudah habis juga akan menimbulkan bunyi berdecit. Kalau kamu mendengar bunyi ini dari bagian roda, sebaiknya segera cek kampas rem mobilmu.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya