TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Membeli Mobil Pertama, Jangan Tergiur Gimmick

Belilah mobil berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan

Ilustrasi kredit mobil (moneysavingexpert.com)

Mobil pertama seharusnya membuat bahagia. Tapi ada beberapa kasus mobil pertama justru menjadi sumber derita. Ini bisa terjadi kalau kamu salah memilih mobil pertamamu. Karena itu, sebelum pergi ke dealer untuk meminang mobil pertamamu, ada baiknya kamu melalukan riset dulu.

Nah, berikut beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan saat ingin membeli mobil pertamamu biar gak zonk di kemudian hari dan jadi sumber penyesalanmu.

1. Tentukan budget

ilustrasi menabung (pexels.com/adrian vieriu)

Tips pertama adalah tentukan budget terlebih dahulu. Ingat, jangan pernah memaksakan diri membeli mobil kalau kamu belum mampu secara finansial. Dan harap diingat juga, membeli mobil berarti juga harus siap menyiapkan biaya operasional yang gak murah.

Setelah menentukan budget untuk membeli mobil, pastikan kamu masih memiliki tabungan. Jangan habiskan semua tabunganmu untuk membeli mobil, ya. Dan kalau kamu ingin membeli mobil secara kredit, pastikan besaran kredit yang harus kamu bayar tiap bulan tidak lebih besar dari 30 persen gajimu. Ini penting agar kamu tidak kehabisan nafas sebelum cicilan lunas.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Tua, Biar Gak Merepotkan

2. Tentukan jenis mobil

Honda Brio (honda-indonesia.com)

Setelah budget ditentukan, langkah berikutnya adalah menentukan jenis mobil yang akan kamu beli. Ada banyak jenis mobil, seperti SUV, MPV, hatchback, sedan, hingga coupe. Masing-masing jenis mobil punya peruntukannya sendiri.

Kalau kebutuhanmu hanya untuk beraktivitas di dalam kota dan jarang mengangkut banyak orang, maka hatchback adalah pilihan tepat. Tapi kalau mobil tersebut untuk kebutuhan keluarga, maka MPV bisa jadi pilihan paling masuk akal.

Sementara itu kalau kamu ingin membeli mobil yang irit bahan bakar, LCGC adalah pilihan terbaik. Tentukan jenis mobil yang akan kamu beli berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan apalagi gengsi, ya.

3. Durabilitas dan ketersediaan sparepart

Ilustrasi bengkel mobil (suzuki.co.id)

Setelah menentukan budget dan jenis mobil, tahap berikutnya adalah mencari mobil yang paling bandel alias gak gampang rusak dan sperepartnya banyak tersedia. Ini penting sebab mobil dengan durabilitas yang baik tidak akan gampang rusak, dengan begitu kamu gak harus terlalu sering keluar uang untuk biaya perbaikan.

Untuk itu kamu bisa melakukan riset dengan cara bergabung dengan forum mobil yang sedang kamu incar. Biasanya di sana banyak informasi tentang mobil tersebut, termasuk penyakit apa saja yang sering muncul. Dengan begitu, kamu akan sudah siap saat meminangnya.

Verified Writer

Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya