TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Innova Reborn dan Zenix Masih Dijual, Ini 5 Perbedaannya!

Keduanya pilihan tepat untuk mobil keluarga

ilustrasi perbandingan Innova Reborn dan Zenix (dok. Toyota Astra)

Jakarta, IDN Times - Innova merupakan varian mobil garapan Toyota yang memiliki performa dan penjualan yang sangat baik di Indonesia. Makanya, gak heran jika sekarang Innova memiliki beberapa varian sebagai produk terbarunya seperti Innova Reborn dan Innova Zenix.

Keduanya memiliki ciri khas Toyota yang mirip, tapi memiliki nuansa berbeda. Jika sekarang ini kamu sedang mencari mobil untuk keluarga, pilihan kedua mobil ini sangat recommended.

Sebelum kamu menyesal dalam memilih mobil impian antara Toyota Innova Reborn dan Innova Zenix, berikut beberapa perbedaan di antara kedua varian Innova ini yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin membeli salah satu seri Innova. Check this out!

1. Eksterior

auto2000

Toyota Innova Reborn memiliki desain yang kokoh dan kotak sehingga memberikan kesan mobil yang siap memenuhi segala kondisi jalan. Desain lampu depan dengan proyektor yang tajam telah menggunakan teknologi LED. Tidak hanya meningkatkan penampilan, tetapi juga meningkatkan visibilitas di malam hari.

Tak hanya itu, grille yang berbentuk segi enam atau heksagonal dan kisi-kisi vertikal menambah kesan kuat dan sporty. Innova Reborn memiliki dimensi lebih besar sehingga memungkinkan ruang interior lebih luas dan stabilitas lebih baik saat berkendara.

Adapun untuk kaki-kaki Innova Reborn menggunakan velg berukuran 16 inci yang digunakan pada V-Type menambah kesan mewah dan elegan, sejalan dengan kebutuhan pembeli yang mencari cita rasa mobil yang ramping dan bergaya.

Berbeda dari pendahulunya, Toyota Innova Zenix menawarkan tampilan modern dan aerodinamis. Lampu depan ramping dengan teknologi LED modern, gril heksagonal melebar, dan kap mesin panjang mengekspresikan desain yang berani dan futuristik.

Modifikasi ini tidak hanya menambah nilai estetika, tetapi juga meningkatkan performa aerodinamis mobil. Untuk velg, Innova Zenix menggunakan ukuran yang lebih besar dibandingkan Innova Reborn yang mencapai 18 inci untuk model Q HV. Hasilnya tampilannya menambah kesan sporty, tapi juga berpengaruh pada kestabilan dan kenyamanan berkendara.

Dengan dimensi besar dan jarak sumbu roda yang panjang, Innova Zenix menawarkan pengalaman berkendara yang stabil dan nyaman. Hal ini tentunya sangat cocok jika kamu suka perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan yang variatif.

Baca Juga: Kenapa Harga Kijang Innova Diesel Bekas Stabil? Ini 5 Alasannya

2. Interior

ilustrasi kemudi Toyota Kijang Innova Zenix (toyota.astra.co.id)

Selanjutnya kamu harus mengetahui perbandingan interior antara Innova Reborn dan Innova Zenix. Toyota Innova Reborn didesain dengan mengutamakan kenyamanan dan kemewahan. Kabinnya yang luas mampu menampung 8 penumpang, cocok untuk keluarga besar atau keperluan bisnis.

Penempatan pencahayaan lampu dan dashboard panel kayu berbentuk V membuat suasana hangat dan ramah, membuat setiap perjalanan semakin menyenangkan. Sedangkan untuk kursi Innova Reborn telah menggunakan kursi ergonomis dan pelapis menggunakan bahan berkualitas tinggi menambah kenyamanan selama perjalanan.

Sementara sistem audio yang mengesankan menjamin hiburan yang baik bagi seluruh penumpang. Secara keseluruhan interior sangat nyaman untuk berkendara menempuh jarak jauh.

Pada Innova Zenix mengambil pendekatan minimalis dan modern pada desainnya. Kabin Zenix yang luas tidak hanya memberikan kenyamanan lebih kepada penumpangnya, tetapi juga memudahkan dalam menyimpan barang bawaan.

Pengaturan tempat duduk yang diperbarui dan fitur-fitur seperti head-up display 9 inci dan pengisi daya nirkabel menunjukkan upaya fokus Toyota dalam mengintegrasikan teknologi premium. Fitur-fitur tersebut tidak hanya menambah kenyamanan tetapi juga memberi nilai tambah pada mobil sehingga menjadi pilihan menarik bagi generasi muda yang menyukai teknologi dan efisiensi.

3. Performa mesin

ilustrasi ruang mesin (Istimewa)

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah terkait jantung pacunya. Pada Innova Reborn ditenagai mesin diesel DOHC 2.400cc 4 silinder yang memberikan tenaga dan torsi cukup untuk berbagai kebutuhan berkendara.

Mesin ini sanggup menaklukan jalanan dalam kota hingga perjalanan luar kota. Mesin ini terkenal dengan kehandalan dan kemampuannya menghasilkan tenaga 147 PS dan torsi maksimal 360 Nm, menjadikan Reborn salah satu pilihan terbaik di kelasnya bagi mereka yang mencari mobil berperforma tinggi dan sudah teruji keandalannya.

Di sisi lain, Toyota Innova Zenix menghadirkan nuansa baru pada teknologi hybrid-nya. Mesin M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc dengan Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 152 hp dan torsi 187 Nm. Selain itu, motor listrik yang menghasilkan torsi 206 Nm dan tenaga 113 hp menambah performa.

Teknologi hybrid ini tidak hanya mengurangi emisi, tetapi juga memaksimalkan konsumsi bahan bakar sehingga membuat Zenix sangat irit. Jenis ini tentu cocok untuk kamu yang mencari mobil yang hemat bahan bakar.

4. Konsumsi bahan bakar

ilustrasi mengisi bahan bakar mobil (pexels.com/Erik Mclean)

Meski menawarkan performa mesin yang baik, Innova Reborn Diesel juga memiliki performa yang baik dalam hal konsumsi bahan bakar. Dengan konsumsi 11,7 km/liter di jalan tol dan 17,8 km/liter di luar kota, Innova Reborn menawarkan performa yang baik untuk mobil sekelasnya.

Hal ini menjadikannya pilihan yang cocok bagi mereka yang menginginkan mobil bertenaga namun tetap hemat konsumsi bahan bakar.

Namun, Innova Zenix Hybrid memimpin kategori efisiensi bahan bakar, mencapai 21 km/liter di dalam kota dan 19,1 km/liter di jalan tol. Angka-angka ini tidak hanya menunjukkan komitmen Toyota terhadap efisiensi energi, tetapi juga membantu pengguna mengurangi biaya jangka panjang, menjadikan Zenix pilihan yang berkelanjutan dan ekonomis dalam jangka panjang.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya