TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada Modifikasi Kelistrikan Mobil Sembarangan, Ini Efeknya

Bukan keren malah bisa rugi banyak, nih!

Radiator berfungsi menjaga suhu ideal mesin (Peugeot)

Jakarta, IDN Times - Saat ini modifikasi kelistrikan menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh para pecinta otomotif Tanah Air. Modifikasi kelistrikan yang kerap dilakukan biasanya mengganti atau menambah lampu, mengganti klakson, hingga memasang audio dan alarm tambahan.

Namun harus diketahui, modifikasi kelistrikan sebenarnya tidak boleh dilakukan sembarangan karena kelistrikan mobil fungsinya sangat vital bagi keseluruhan operasional mobil.

1. Fungsinya vital

ilustrasi komponen kelistrikan mobil (importcarcenter.com)

Kepala Bengkel Peugeot Cilandak Jakarta Selatan, Roni Agung, mengatakan sistem kelistrikan merupakan bagian paling vital untuk menjalankan semua proses kerja yang ada di kendaraan.

"Mulai dari penyalaan mesin, fitur keselamatan, sistem pembakaran, pengereman, pendinginan bahkan untuk media komunikasi dan hiburan. Maka jika ingin lakukan penambahan aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu ke bengkel resmi," jelasnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Modifikasi Mobil

2. Penyebab kebakaran

Peristiwa kebakaran di gudang BBM diduga ilegal di Desa Hajimena, Natar, Lampung Selatan. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Hal tersebut juga dikarenakan banyaknya kasus kebakaran di mobil yang cukup menjadi perhatian Peugeot, utamanya terkait standar keamanan yang sudah diterapkan pabrikan mobil seperti halnya Peugeot.

Peugeot mengatakan, meskipun standar keamanan mobilnya terkait kelistrikan sudah baik, tetapi penambahan komponen aftermarket di jalur kelistrikan yang tidak tepat dapat berdampak terhadap timbulnya percikan api hingga terjadinya kebakaran.

Baca Juga: 5 Bahaya Melakukan Modifikasi Mobil Secara Berlebihan, Hindari!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya