TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Merawat Baterai Mobil Listrik Biar Awet

Jadi umur baterai bisa lebih panjang, nih!

Wuling Cloud EV (IDN Times/Fadhliansyah)

Jakarta, IDN Times - Saat ini penggunaan mobil listrik berbasis baterai atau BEV (Battery Electric Vehicle) di Indonesia memang sudah mulai menjamur. Salah satu pabrikan yang memiliki banyak model BEV saat ini ialah Wuling Motors.

Wuling memiliki lini mobil listrik lengkap mulai dari Air ev, BinguoEV, dan yang terbaru Cloud EV. Nah, dalam laman resminya Wuling juga membagikan cara merawat baterai mobil listrik agar tetap awet dan kondisinya bisa terus optimal.

1. Jaga kapasitas baterai

Wuling Binguo Ev, GIIAS di Bandung. (wuling.id)

Pertama, yang harus selalu diperhatikan ialah pastikan kapasitas baterai jangan sampai digunakan hingga kosong atau habis. Idealnya, kapasitas baterai berada antara 20 persen hingga 80 persen.

Karena penggunaan baterai dalam keadaan ekstrem baik itu kosong atau penuh dapat mempengaruhi kesehatan baterai. Membiasakan menjaga kapasitas di kisaran optimal akan membantu menjaga daya tahan baterai dalam jangka panjang.

Lalu, pastikan juga tegangan listrik yang masuk ke dalam baterai stabil. Tegangan yang tidak stabil dapat memberikan tekanan berlebih pada komponen baterai, mempercepat proses degradasi dan mengurangi masa pakai baterai.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Klasik BMW Buat Koleksi

2. Batas pengisian maksimum

Wuling Binguo EV tempuh jarak 1.300 kilometer (Wuling)

Meskipun akan lebih nyaman saat baterai dalam kondisi 100 persen, namun nyatanya mengisi daya hingga 100 persen dapat mempercepat degradasi baterai. Setel pengisian maksimum Anda ke sekitar 80 persen hingga 90 persen untuk menjaga baterai dalam kondisi optimal.

Pengisian hingga 100 persen dapat meningkatkan tekanan pada sel-sel baterai dan mempercepat proses degradasi, sementara pengisian hingga 80-90 persen dapat membantu mempertahankan kesehatan baterai.

Selanjutnya, pemilik mobil bisa membuat jadwal pengisian baterai yang teratur  untuk menjaga kesehatan baterai. Karena hal tersebut membantu menjaga baterai tetap dalam kisaran optimal, mencegah pengisian berlebihan, dan memastikan kesiapan baterai.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya