TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Mengemudi Aman, Kenali Fitur Mobil!

Mobil-mobil baru dibekali dengan fitur canggih

Rifat Sungkar bagikan tips mengemudi aman dan nyaman (IDN Times/Fadhliansyah)

Intinya Sih...

  • Pereli Rifat Sungkar berbagi tips mengemudi aman di jalan raya
  • Kecelakaan disebabkan oleh faktor pengguna jalan, kendaraan, dan lintasan
  • Pentingnya mengenali fitur-fitur mobil dan menggunakan aksesori tambahan seperti dashcam

Jakarta, IDN Times - Pereli sekaligus duta Safety Riding Indonesia Rifat Sungkar, memberikan tips untuk mengemudi yang aman dan nyaman di jalan raya berdasarkan pengalam pribadinya. 

"Acara ini sebetulnya untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan efek baik kepada teman-teman pengendara lainnya di jalan raya. Soalnya jalan raya bukan hanya milik kita, tapi milik bersama," ujar Rifat pada sesi coaching clinic di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 (26/7/2024).

Baca Juga: GWM Indonesia Tawarkan Mode Off-Road Fury Version di GIIAS 2024

1. Penyebab kecelakaan

Penyebab kecelakaan (IDN Times/Fadhliansyah)

Brand Ambassador Mitsubishi Motor ini mengatakan, kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh tiga faktor utama, yaitu pengguna jalan, kendaraan, dan lintasan.

"Penyebab terbesar kecelakaan adalah pengemudi. Mulai dari pengemudi tidak dapat menguasai kendaraannya, pengemudi kehilangan kesadaran, pengemudi tidak dapat memahami jalan dan lingkungannya, serta pengemudi tidak dapat memahami gerakan pengguna jalan lain," ujar Rifat.

Baca Juga: Mitsubishi Fuso eCanter Mampu Kurangi Risiko Kecelakaan Mobil Niaga

2. Mengenali fitur-fitur mobil

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar pameran otomotif Gebyar Auto Show di Mal Paragon Semarang, 25-28 Juli 2024. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Rifat juga menyebut pentingnya mengenali fitur-fitur yang ada di mobil. Misalnya, fitur blindspot warning yang sering diabaikan, padahal paling sering membantu.

"Begitu juga fitur rear cross traffic alert, pengalaman pribadi, saya sudah lihat spion dan mundur, ternyata mobil ngerem sendiri. Ternyata fitur itu yang menyelamatkan kita, Pajero itu sampai bisa melakukan pengereman sendiri. Ini sangat membantu untuk menghindari tabrak depan," jelas Rifat.

Baca Juga: Bridgestone Beri Diskon dan Hadiah Bagi Pembelian Ban di GIIAS 2024

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya