TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Paus Fransiskus ke Indonesia, Bakal Pakai Pindad Maung Berpelat Khusus

Kira-kira apa arti dari pelat tersebut, ya?

Paus Fransiskus ketika menyapa umat Katolik (unsplash.com/Ashwin Vaswani)

Jakarta, IDN Times - Paus Fransiskus dijadwalkan akan tiba di tanah air pada Selasa (3/9/2024) siang sekitar pukul 11.30 WIB. Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan itu akan berada di Indonesia hingga Jumat (6/9/2024).

Menariknya, Paus Fransiskus akan menumpangi popemobile saat datang nanti, yang dibuat khusus dari basis Pindad Maung MV3 Tangguh. Dari video dan foto yang beredar di media sosial, mobil tersebut memiliki atap terbuka namun dengan penutup khusus pada bagian depannya.

Sementara pada bagian belakang terdapat pintu dan juga tangga yang dapat digunakan penumpang untuk naik-turun kendaraan.

1. Spesifikasi MV3 Tangguh

Pindad Maung MV3 Tangguh yang jadi popemobile (Instagram/@katolik_garis_lucu)

Dikutip dari beberapa sumber, Pindad Maung MV3 Tangguh menggendong mesin turbo diesel berkapasitas 2.200 cc dengan tenaga maksimum 199 dk serta torsi puncak 441 Nm.

Secara dimensi, mobil yang tampilannya gagah ini punya panjang 4.977 mm, lebar 2.000 mm, serta tinggi 1.820 mm. Selain modifikasi pada bagian atap serta berwarna full putih, belum diketahui modifikasi apa lagi yang dilakukan pada mobil tersebut.

Baca Juga: Meriahkan HUT RI, Maung Pindad Besutan Prabowo Dipamerkan

2. Pelat nomor

IDN Times/Istimewa

Oya, selain modifikasi yang dilakukan, terlihat juga pelat nomor yang digunakan popemobile berbeda dari pelat nomor kendaraan biasa. Pada pelat tersebut, tertulis "SCV 1".

Dikutip dari Portal Informasi Indonesia, pelat nomor tersebut memiliki kepanjangan khusus dari bahasa latin, yaitu Status Civitatis Vaticanae atau Negara Kota Vatikan. Sementara angka 1 di belakangnya, menandakan Paus Fransiskus sebagai Kepala Negara Vatikan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya