TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pabrik Bridgestone di Karawang Mampu Produksi 30 Ribu Ban Sehari

Berbagai macam model ban diproduksi di sini

Ban yang Diproduksi oleh Pabrik Bridgestone .(Indian Express/Bloomberg)

Jakarta, IDN Times - PT Bridgestone Tire Indonesia selaku produsen ban mobil saat ini sudah memiliki 2 pabrik di Indonesia. Satu berlokasi di Bekasi yang berfokus pada ban truk dan bus, sementara yang satunya lagi berada di Karawang, Jawa Barat, yang berfokus pada mobil penumpang.

Kapasitas produksi pabrik Bridgestone di Karawang ini berjumlah 30 ribu ban dalam satu hari. Tetapi, hal tersebut tergantung permintaan dari pasar.

"Kapasitas (produksi) 30 ribu per hari. Kapasitas produksi secara angka belum bisa katakan pastinya karena ada aturan, tapi kami sekarang sudah 85 persen dari kapasitas produksinya," ujar Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno, di Karawang, Jawa Barat (15/11/2023).

Baca Juga: Ban Mobil Kena Ranjau Paku, Begini Cara Mengganti Ban Cadangan

1. Pengerjaan masih didominasi oleh karyawan

Kondisi ban mobil penting dicek sebelum mudik (dok. Bridgestone)

Kemudian, Mukiat juga menyampaikan kalau produksi ban di pabrik Karawang masih didominasi oleh karyawan dan belum sepenuhnya menggunakan teknologi robotik.

"Mayoritas terus terang kami masih lebih ke karyawan (produksi ban), secara robotik masih 10-15 persen. Tapi untuk final inspection, bisa dikatakan hampir 70 persen bahkan lebih ke karyawan," lanjut dia.

2. Rilis ban baru

Perkenalan ban baru Bridgestone Ecopia EP300 Enliten (IDN Times/Fadhliansyah)

Bridgestone sendiri baru saja merilis lini terbaru dari seri ban Ecopia, yaitu Ecopia EP300 Enliten. Ban baru ini merupakan seri ban ramah lingkungan yang menggendong inovasi terbaru lewat penerapan teknologi Enliten.

"Isu terkait lingkungan menjadi concern terbesar kami dan sudah menjadi bagian dari Bridgestone E8 Commitment, dimana di dalamnya terdapat poin- poin terkait Energy, Ecology, dan Efficiency," jelas Mukiat lagi.

Baca Juga: Benarkah Ban Tubeless Pakai Ban Dalam Lebih Tahan Bocor?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya