TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

McEasy Hadirkan Teknologi untuk Tingkatkan Keselamatan Pengemudi

Terutama untuk driver kendaraan-kendaraan besar

McEasy Trackvision diluncurkan (IDN Times/Fadhliansyah)

Intinya Sih...

  • McEasy memperkenalkan inovasi TrackVision untuk program zero accident di jalan.
  • Terdapat 96.000 laka lantas di Indonesia, 94% disebabkan human factor, dan TrackVision dilengkapi kamera delapan titik dan AI.
  • TrackVision juga memiliki fitur ADAS, DMS, SOS Button, Cut-off, dan Double Relay untuk meningkatkan keamanan kendaraan.

Jakarta, IDN Times - Perusahaan berbasis Internet-of-things (IoT) dan Software-as-a-service (SaaS) McEasy, baru saja memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama TrackVision (19/9/2024).

Teknologi ini menurut McEasy dapat membantu pelaku industri transportasi yang rentan terjadi kecelakaan lalu lintas, untuk membantu mewujudkan program zero accident atau nihil kecelakaan kerja di jalan.

1. Bagian dari K3

Sistem McEasy TrackVision (IDN Times/Fadhliansyah)

Program ini merupakan bagian dari Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Program ini meliputi cara menjaga keselamatan driver dan muatannya agar selamat sampai ke tempat tujuan.

“Hingga September 2024 tercatat ada lebih dari 96.000 laka lantas yang terjadi di Indonesia. Sebanyak 96 persen laka lantas justru terjadi saat cuaca sedang cerah dan jalan kering. Sebanyak 94 persen laka lantas terjadi karena human factor, seperti mengendalikan kendaraan tanpa persiapan, kelelahan dan ketidak sigapan," ujar Direktur PT Prima Safetindo Internasional (PRIMESAFETY) dan Instruktur Senior Defensive Driving Training, Makkuraga.

Baca Juga: Kia Boyong Teknisi Asal Korea Selatan untuk Cek Mobil Konsumen

2. Kamera delapan titik

Menawarkan perlindungan tambahan bagi driver (IDN Times/Fadhliansyah)

Salah satu teknologi yang dihadirkan pada TrackVision ialah kamera delapan titik yang memberikan keamanan tambahan bagi pengemudi, penumpang, dan muatan karena dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI).

"Mayoritas mitra McEasy berkecimpung dalam industri transportasi yang rentan laka lantas. Karenanya, kami menghadirkan TrackVision yang dilengkapi kecerdasan buatan, yaitu ADAS (Advanced Driver Monitoring System) dan DMS (Driver Monitoring System). Studi menunjukkan bahwa program keselamatan pengemudi jika dikombinasikan dengan sistem pemantauan di dalam kendaraan dan kamera, dapat mengurangi kejadian kritis terkait keselamatan hingga 59 persen,” ucap Chief Product Officer McEasy, Grady Kusmulyadi.

Baca Juga: Klakson Mobil Mendadak Gak Berfungsi, Cek Bagian Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya