TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Klakson Mobil Mendadak Gak Berfungsi, Cek Bagian Ini

Padahal sudah dipencet sekeras mungkin

Ilustrasi interior mobil transmisi otomatis (pexels.com/Brayce Carithers)

Intinya Sih...

  • Klakson mobil penting sebagai alat komunikasi antarpengendara di jalan raya.
  • Kabel klakson yang rusak, relay kotor atau aus, dan kerusakan pada switch dapat membuat klakson tidak berbunyi.
  • Kerusakan pada sakelar dan sekring putus juga bisa menjadi penyebab klakson mobil tidak bersuara.

Jakarta, IDN Times - Klakson menjadi alat komunikasi antarpengendara di jalan raya selain lampu depan dan sein, karena itu fungsinya cukup krusial. Dengan membunyikan klakson misalnya kamu bisa memberitahukan posisi kendaraan kepada pengendara lain.

Karena itu kalau klakson bermasalah dan gak berbunyi pasti akan mengganggu kenyamanan dan keamanan kamu di perjalanan. Mengutip Suzuki.co.id, setidaknya ada 5 hal yang bisa membuat klakson mobil kamu gak mau berbunyi.

Baca Juga: Aturan Membunyikan Klakson, Jangan Asal Bunyikan Klakson!

1. Kabel yang bermasalah

Ilustrasi Kabel (IDN Times/Sukma Shakti)

Penyebab yang pertama adalah munculnya kendala kelistrikan pada kabel klakson yang membuat klakson jadi tidak berbunyi. Untuk memastikan masalah ini, kabel klakson bisa dihubungkan dengan alat bernama test lamp. Jika test lamp tidak menyala berarti ada yang menghambat aliran listrik ke klakson.

Kalau terjadi korsleting pada kabel maka klakson tidak akan mau mengeluarkan suara. Begitu juga saat kabel klakson berjamur dan berkarat. Masalah pada kabel ini akan menghambat aliran listrik dan menyebabkan klakson tidak bunyi. 

2. Relay klakson kotor

Ilustrasi relay klakson (https://byluu.com/)

Hal berikutnya yang bikin klakson tidak bersuara adalah relay klakson yang sudah kotor atau aus. Fungsi relay sendiri untuk menghubungkan baterai atau aki dengan arus listrik pada mobil.

Relay yang kondisinya kotor dan usang, membuat komponen tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Akibatnya, klakson tidak bisa mengeluarkan suara seperti biasa. 

Baca Juga: Kenapa Bunyi Klakson Berbeda-beda? Berikut Jawabannya

3. Kerusakan pada switch klakson

egypt-business.com

Klakson juga bisa enggan bersuara lantaran ada kerusakan di bagian switch-nya. Switch adalah bagian penting pada klakson yang berfungsi sebagai tombol. Jika kamu menekan switch, maka seharusnya klakson mengeluarkan bunyi. 

Ketika terjadi kerusakan pada bagian ini maka secara otomatis klakson tidak akan bersuara. Biasanya kerusakan semacam ini, juga akan diiringi dengan tombol switch yang macet dan sulit untuk dipencet. 

4. Saklar karatan

ilustrasi klakson mobil (unsplash.com/Milivoj Kuhar)

Selanjutnya hal yang bisa membuat klasok tidak berbunyi ialah karat pada bagian sakelar. Fyi, sakelar merupakan salah satu komponen yang mudah kotor dan berkarat. Jika kondisi ini berlanjut semakin parah maka sakelar bisa rusak. 

Saat sakelar klakson terganggu dan rusak, maka fungsinya tidak akan berjalan secara optimal. Secara logika, kondisi ini akan memicu matinya klakson. Klakson tidak akan mengeluarkan suara meskipun kamu sudah menekan switch

Baca Juga: Cara Pasang Relay Klakson Mobil dengan Benar, Gampang Kok!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya