TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Knalpot Mobil Keluar Air di Pagi Hari

Ada beberapa penyebabnya, nih!

ilustrasi knalpot mobil keluar embun (pexels.com/Khunkorn Laowisit)

Jakarta, IDN Times - Jangan khawatir apabila mobil kamu mengeluarkan air dari lubang pembuangan atau knalpot saat sedang dinyalakan di pagi hari. Dikutip dari beberapa sumber, hal tersebut sangat wajar terjadi.

Penyebab utama knalpot mobil keluar air disebabkan adanya proses kondensasi, yang merubah wujud zat dari gas menjadi cair. Hal ini memang biasanya terjadi saat mobil parkir semalaman dan baru dinyalakan mesinnya pada pagi hari.

1. Suhu dingin

ilustrasi knalpot mobil (pexels.com/Khunkorn Laowisit)

Pada malam hari, suhu di sekitar mobil cenderung dingin sehingga terjadi pengembunan pada pipa knalpot. Dan saat pagi hari kamu menyalakan mesin, akan terjadi proses pemanasan di bagian pipa knalpot mobil.

Proses pemanasan tersebut yang memicu terjadinya penguapan embun pada pipa knalpot, sehingga pipa knalpot mengeluarkan air. Pada kondisi musim hujan yang cenderung lebih dingin serta durasi parkir yang cukup lama, air yang keluar pada knalpot bisa lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga: Kenapa Knalpot Motor Trail Ada di Atas? Ini 4 Alasannya

2. Asapnya akan hilang sendiri

ilustrasi asap yang keluar dari knalpot mobil (pexels.com/Khunkorn Laowisit)

Setelah beberapa saat dipanaskan, nantinya air pada lubang knalpot akan hilang dengan sendirinya setelah air sudah habis keluar atau menjadi embun yang terdorong keluar.

Oya, keluarnya air dari knalpot di pagi hari juga dapat menjadi salah satu tanda kalau mesin mobil masih dalam keadaan sehat. Namun tentunya harus dipastikan jumlah air yang keluar hanya berupa tetesan air dan embun saja, tidak dalam jumlah yang banyak.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya