TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berapa Lama Usia Aki Kering dan Aki Basah?

Perannya penting banget pada kelistrikan mobil

Ilustrasi aki mobil (cars.com)

Intinya Sih...

  • Aki adalah komponen vital pada mobil yang berperan dalam menyalakan mesin dan sistem elektronik.
  • Usia pakai aki kering dan basah mirip, rata-rata bertahan 2-5 tahun, tergantung pada sistem pengisian dan perawatan.
  • Aki kering tidak membutuhkan perawatan, sementara aki basah memerlukan penggantian cairan dan pengecekan rutin.

Jakarta, IDN Times - Aki atau baterai menjadi salah satu komponen kelistrikan vital yang ada pada kendaraan bermotor seperti mobil. Aki berperan dalam berbagai hal, mulai dari menyalakan mesin hingga berbagai sistem elektronik di mobil.

Secara umum, aki mobil terbagi menjadi dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Lalu, di antara kedua jenis aki tersebut, kira-kira jenis aki apa yang paling awet, ya?

1. Usia pakai

Pemasangan aki Bosch (Bosch)

Mengutip dari beberapa sumber, usia pakai aki kering dan aki basah pada mobil sebenarnya mirip-mirip alias tidak akan berbeda jauh. Rata-rata aki mobil, baik aki kering maupun basah, mampu bertahan antara dua hingga lima tahun.

Namun, ada beberapa faktor yang menentukan masa pakai sebuah aki, mulai dari sistem pengisian aki atau alternator hingga ke perawatan aki tersebut.

Baca Juga: Tips Merawat Aki Kering, Biar Gak Gampang Soak

2. Beda perawatan

Ilustrasi aki mobil (Astra Otoparts)

Hal utama yang membedakan aki kering dan aki basah ialah dari sisi perawatannya. Aki kering sering juga disebut sebagai aki MF (Maintenance Free), yang artinya tidak membutuhkan perawatan sama sekali.

Sedangkan aki basah, membutuhkan perawatan rutin yang wajib dilakukan, yaitu mengganti cairan aki. Apabila penggantian cairan aki tidak dilakukan, maka dapat berdampak ke kinerja dan usia pakai aki tersebut.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya