TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Benarkah Mobil Matic Lebih Boros Bahan Bakar dari Mobil Manual?

Padahal mobil-mobil baru kebanyakan transmisi otomatis

ilustrasi transmisi mobil matic (Pixabay)

Jakarta, IDN Times - Transmisi mobil umumnya terbagi menjadi dua, yaitu transmisi manual dan matic atau otomatis. Transmisi matic menjadi pilihan banyak orang, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta yang sering terjadi kemacetan.

Pilihan itu karena mengoperasikan mobil matic jauh lebih simpel dibandingkan transmisi manual, yang hanya perlu kaki kanan yang aktif bekerja. Berbeda dengan manual, harus memakai kedua kaki untuk mengoperasikan mobil yakni menginjak kopling dan gas atau rem.

Namun, banyak yang perpendapat mobil matic mengonsumsi bahan bakar lebih boros dibandingkan manual. Benarkah demikian atau hanya mitos?

1. Hadirnya teknologi membuat mobil matic lebih efisien bahan bakar

Transmis Matic

Mengutip dari beberapa sumber, pendapat tersebut sebenarnya muncul sejak lama, di mana teknologi belum secanggih sekarang. Hal ini membuat mobil transmisi matic menjadi kurang efisien terhadap konsumsi bahan bakar.

Namun, jika dibandingkan dengan belakangan ini tentu berbeda. Mobil-mobil bertransmisi matic kini sudah menggunakan teknologi pembakaran injeksi, yang disertai berbagai sensor dan ECU, sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih hemat.

Baca Juga: Apa Itu CVT Mobil Matic? Ini Penjelasannya!

2. Mobil manual semua operasional dikendalikan pengemudi

Ilustrasi mengendarai mobil transmisi manual (pexels.com/Nappy)

Dengan adanya ECU, semuanya diatur secara elektronik agar lebih efiesien. Misalnya, perpindahan gigi pada transmisi matic kini menjadi otomatis, sehingga tidak memerlukan putaran mesin tinggi untuk berpindah gigi dan perpindahannya lebih halus.

Berbeda dengan mobil manual, yang semuanya dikendalikan pengemudi. Maka apabila pengemudinya agresif, bisa jadi konsumsi bahan bakar mobil lebih boros.

Baca Juga: 4 Gejala Awal Kerusakan Mobil Matic

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya