TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Begini Cara Merawat ECU Mobil Agar Tetap Awet

Paling penting jauhkan dari percikan air

ilustrasi ruang mesin (Istimewa)

Intinya Sih...

  • Perawatan ECU meliputi menjaga agar area mesin selalu kering dan hindari pencucian area mesin yang bisa membuat air masuk ke dalam ECU.
  • Hindari modifikasi ECU mesin atau pemasangan perangkat elektronik tambahan yang dapat mengganggu kinerja ECU.
  • Jangan hidupkan mesin mobil jika aki sudah lemah, karena dapat mengakibatkan ECU Mesin nge-lock dan harus diganti dengan yang baru.

Jakarta, IDN Times - Electronic Control Unit (ECU) pada kendaraan memiliki fungsi yang sangat vital. Simpelnya, ECU menjadi "otak" pada kendaraan yang berguna untuk mengatur berbagai fungsi pada mobil seperti pengapian, injeksi bahan bakar, dan yang lainnya.

Karena fungsinya tersebut, ECU menjadi salah satu komponen mobil yang punya banderol mahal. Nah, dengan begitu pemilik mobil harus tahu bagaimana caranya menjaga ECU agar tetap optimal dan awet.

1. Harus selalu kering

Kondisinya harus selalu kering (Peugeot)

Perawatan ECU paling mudah ialah memperhatikan area ECU mesin agar selalu kering, tidak ada genangan ataupun celah untuk air bisa masuk ke dalam perangkat, termasuk dari bagian konektornya.

Kemungkinan terbesar ECU bisa kemasukan air ialah saat dilakukan pencucian area mesin. "Jika mencuci ruang mesin, hindari untuk menyemprot atau mencuci bagian di sekitar area ECU Mesin langsung dengan air. Ini untuk mencegah agar air tidak masuk ke dalam ECU dan konektor nya yang akan mengakibatkan short-circuit," ujar Kepala Bengkel Peugeot Sunter, Rafii Sinurat (22/8/2024).

Baca Juga: Step by Step Memasang Aki, Biar ECU Gak Jebol

2. Jangan dimodifikasi

Hindari modifikasi ECU (Peugeot)

Kemudian yang harus dilakukan agar ECU awet ialah hindari melakukan modifikasi ECU mesin dengan tujuan untuk meningkatkan performa mobil.

Begitu juga dengan pemasangan perangkat elektronik atau sensor tambahan yang dapat mengganggu kinerja ECU mesin.

Baca Juga: Cara Membaca Kode Aki Motor, Awas Dapat Stok Lama!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya