TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Baterai Mobil Listrik Ini Bisa Dipakai Hingga 15 Tahun

Datang dari salah satu produsen baterai raksasa

CATL punya baterai kendaraan listrik yang bisa dipakai hingga 15 tahun (Carnewschina)

Intinya Sih...

  • Baterai Tianxing-B memiliki kepadatan energi 175 Wh/kg, tertinggi di industri bus menurut CATL.
  • Masa pakai baterai ini mencapai 15 tahun dan 1,5 juta kilometer, dengan garansi hingga 10 tahun atau 1 juta kilometer.
  • Sudah ada 13 merek kendaraan di China yang akan menggunakan baterai Tianxing-B di bus listriknya.

Jakarta, IDN Times - Salah satu produsen baterai kendaraan listrik di dunia, CATL, belum lama ini memamerkan baterai terbarunya yaitu baterai Tianxing-B (Tectrans B) yang dikembangkan khusus untuk bus listrik.

Dikutip dari Carnewschina, baterai ini memiliki kepadatan energi 175 Wh/kg, yang merupakan kepadatan energi tertinggi di industri bus menurut CATL.

Baca Juga: Wuling Produksi Baterai Mobil Listrik di Indonesia Mulai Akhir 2024

1. Masa pakai

Khusus untuk bus listrik (Carnewschina)

Menariknya, CATL yakin kalau baterai terbarunya ini mempunyai masa pakai hingga 15 tahun dan 1,5 juta kilometer. Tianxing-B juga akan dibekali garansi mencapai 10 tahun atau 1 juta kilometer.

Dengan sertifikasi IP69, baterai ini dapat berada di dalam air sampai lebih dari 72 jam. CATL berencana untuk merilis baterai Tianxing-B di 80 model bus listrik yang berbeda.

2. Sudah ada 13 merek

Akan segera diproduksi massal (Carnewschina)

Sampai saat ini, sudah ada 13 merek kendaraan di China yang dipastikan memakai baterai Tianxing-B di bus listriknya. Mulai dari Dongfeng, Golden Dragon, dan Yutong Bus.

Tianxing merupakan merek milik CATL yang didedikasikan khusus untuk baterai kendaraan listrik komersial. Merek ini baru dirilis pada awal Juli 2024 lalu.

3. Market share

Bangunan plaza CATL (Carnewschina)

Oya, selama Januari-Agustus 2024 ini CATL mencatatkan hampir 50 persen market share di segmen baterai mobil listrik di China. Baterai CATL juga mentenagai lebih dari 385 ribu bus secara global.

CATL mengumumkan kalau produksi massal dari baterai Tianxing-B akan dimulai sebentar lagi, meskipun tanggalnya tidak diumumkan secara detail.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya