TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Baru Beli Mobil, Mending Pakai Asuransi All Risk atau TLO?

Cek dulu keunggulan dan kekurangan asuransi all risk dan TLO

Asuransi mobil (Duitpintar)

Jakarta, IDN Times - Bagi kamu yang baru membeli mobil, mungkin akan kebingungan saat ditawarkan asuransi kendaraan. Sebab ada dua jenis asuransi kendaraan yang umum digunakan, yakni All Risk atau comprehensive dan juga Total Loss Only (TLO).

Kedua jenis asuransi tersebut memiliki beberapa perbedaan serta keunggulannya masing-masing, untuk lebih jelasnya akan IDN Times jabarkan di bawah ini.

Baca Juga: Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih Tenang

1. Asuransi All Risk

Ilustrasi asuransi mobil (Duitpintar)

Seperti namanya asuransi All Risk ini menanggung berbagai macam kerusakan mobil, mulai dari baret ringan, penyok, sampai kehilangan mobil karena dicuri. Asuransi All Risk juga meliputi kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara, dan bencana alam.

Karena perlindungannya menyeluruh, asuransi All Risk ini disebut sebagai asuransi yang paling cocok bagi kamu yang baru membeli mobil. Alasan lainnya adalah asuransi All Risk ini bisa menawarkan masa pertanggungan yang lebih pendek, misalnya dari 0 bulan sampai 5 tahun.

2. Asuransi TLO

ilustrasi asuransi (IDN Times/Mardya Shakti)

Berbeda dari All Risk, asuransi TLO memberikan perlindungan terhadap risiko kehilangan mobil atau kerusakan berat. Kerusakan berat yang dimaksud adalah kalau mobil kamu mengalami kerusakan parah yang lebih dari 75 persen.

Artinya yang dicover adalah masalah-masalah berat, seperti komponen mobil yang mendadak tidak berfungsi, kecelakaan, atau hilang karena dicuri. Jadi, asuransi TLO enggak memberikan perlindungan pada kerusakan-kerusakan ringan, seperti mobil lecet atau baret ringan.

Baca Juga: Cara Memilih Bengkel Rekanan Asuransi untuk Servis Mobil

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya