TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Ban Mobil Listrik Beda dari yang Biasa?

Begini jawaban produsen ban Bridgestone Indonesia

Ilustrasi mobil listrik (Bridgestone)

Intinya Sih...

  • Bridgestone Indonesia akan mengembangkan ban khusus mobil listrik, seperti EP300 Enliten yang memperhatikan load index dan hambatan gulirnya.
  • Ban untuk mobil listrik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konvensional, namun perlu memperhatikan beban maksimum dan optimalisasi noise-nya.
  • Ada kemungkinan ban khusus mobil listrik dari Bridgestone Indonesia akan dirilis dalam waktu dekat, serta tertarik menjadi ban OEM bagi merek-merek otomotif asal China.

Jakarta, IDN Times - Mobil-mobil elektrifikasi saat ini mulai menjamur di Indonesia. Seiring dengan hal tersebut, Bridgestone Indonesia akan mengembangkan ban khusus mobil listrik.

"Ban EP300 Enliten kami yang memang mengarah ke mobil listrik. Tapi, kami tahu market lebih banyak ke listrik. Ke depannya, kami akan mengembangkannya," ujar Head of Consumer Sales and Marketing PT Bridgestone Tire Indonesia Gatot Adrie Triyono, Rabu (14/8/2024).

1. Ban mobil listrik berbeda

Karakteristik mobil listrik beda dari mobil konvensional (Bridgestone)

Gatot juga menyampaikan ban untuk mobil listrik dengan konvensional sebenarnya tidak jauh berbeda, salah satunya harus memperhatikan load index atau beban maksimumnya. Itu karena mobil listrik membawa baterai yang berat.

"Paling lebih ke (optimalisasi) noise-nya, sama Rolling Resistance (RRC) atau hambatan gulirnya. Jadi, selama RRC dan noise-nya baik, sebenarnya bisa dipakai di mana saja (mobil listrik atau biasa). Kalau load index, mobil listrik kan pasti lebih besar. Nah itu harus kami lihat juga tuh, bebannya seperti apa," jelas Gatot.

Baca Juga: Untung Rugi Beli Mobil Bekas di Showroom Pinggir Jalan

2. Tahun depan

Tersedia dalam berbagai ukuran (IDN Times/Fadhliansyah)

Gatot juga menyatakan ada kemungkinan ban khusus mobil listrik dari Bridgestone Indonesia akan dirilis dalam waktu dekat.

"Saat ini, sebenarnya untuk ban mobil listrik sebentar lagi (meluncur di Indonesia) ya. Tahun depan sih harapannya," kata Gatot.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya