TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Nyetir Mobil Matic Disarankan Pakai Satu Kaki

Berhubungan dengan keselamatan saat berkendara

Ilustrasi menyetir mobil matic (Wuling)

Jakarta, IDN Times - Saat ini mobil-mobil keluaran terbaru memang mayoritas bertransmisi matic, bahkan ada pabrikan yang tidak mengeluarkan versi transmisi manual dari satu model mobil.

Salah satu alasan mobil dengan transmisi matic disukai ialah lantaran lebih praktis saat digunakan di perkotaan, yang biasanya lebih sering bertemu dengan kemacetan. Karena saat naik mobil matic, pengemudi hanya perlu menginjak pedal gas dan rem saja tanpa harus menginjak kopling.

1. Menyetir mobil matic

Cukup pakai kaki kanan saja (Wuling)

Mengutip beberapa sumber, menyetir mobil bertransmisi matic memang disarankan untuk menggunakan satu kaki saja, yaitu kaki kanan. Makanya, kalau melihat mobil matic, di sisi kaki sebelah kiri biasanya terdapat foot rest untuk mengistirahatkan kaki sebelah kiri.

Alasan kaki kiri tidak digunakan saat menyetir mobil matic ialah demi keamanan saat berkendara, untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Engine Brake di Mobil Matik, Emang Bisa?

2. Bahayanya pakai kaki kiri

Ilustrasi pedal kopling (91wheels.com)

Yang membuat berbahaya menyetir mobil matic dengan kaki kiri ialah ditakutkan terjadi rem mendadak karena kaki kiri tidak terbiasa untuk menginjak pedal secara perlahan, terutama bagi pengemudi yang sebelumnya menggunakan mobil manual.

Pada mobil manual, pengemudi harus menginjak kopling cukup dalam sebelum memindahkan transmisi. Tenaga yang biasa digunakan untuk menginjak kopling lebih besar dibandingkan saat menginjak rem secara perlahan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya