TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Test Drive BYD M6 ke Bandung, Baterainya Irit Banget!

BYD M6 bertabur fitur canggih

Mobil BYD M6 (IDN Times/Alya Achyarini)

Jakarta, IDN Times - Pabrikan otomotif asal China, Build Your Dreams (BYD) resmi meluncurkan mobil listrik M6 di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, 18-28 Juli 2024.

Kehadiran BYD M6 langsung mendapat perhatian publik otomotif tanah air. Sebab banderol mobil satu ini cukup terjangkau, yakni Rp379 juta. Padahal fitur-fitur dan keamanan yang ditawarkan BYD M6 sangat menggiurkan.

IDN Times sempat menjajal performa dan kenyamanan BYD M6 saat diajak test drive ke Bandung pada 5-6 Agustus 2024. Kami, bersama beberapa jurnalis lain, memulai perjalanan dari showroom BYD Harmony Auto Sudirman sekitar pukul pukul 10.00 WIB.

"BYD M6 dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman di berbagai kondisi jalan. Kami berharap para rekan media dapat merasakan langsung keunggulan teknologi dan desain yang kami tawarkan," kata Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, sebelum melepas rombongan.

Total ada 10 mobil BYD M6 dalam test drive kali ini. Seperti apa rasa berkendara BYD M6 ini ya?  

1. Pengalaman unik dan seru bareng BYD M6

Mobil BYD M6 (dok. BYD)

BYD M6 hadir dalam tiga varian, yakni M6 Standard, M6 Superior, dan M6 Superior Captain. Pilihan warnanya juga beragam, seperti Crystal White, Quartz Blue, Cosmos Black, Harbour Grey. 

Kebetulan kami menjajal M6 Superior yang dilengkapi fitur panoramic sunroof dan ventilasi kursi depan. Kedua fitur ini membuat perjalanan dari Jakarta ke Bandung terasa begitu menyenangkan. Apalagi dibekali motor AC Permanent Magnet Synchronous Motor bertenaga 150 kW. Motor tersebut mampu berakselerasi 0-100km/jam hanya dalam waktu 8,6 menit! 

Dengan performa sebesar itu, kami bisa dengan mudah bermanuver di kemacetan tol dalam kota pada Senin pagi. Perjalanan melintasi jembatan layang MBZ yang bergelombang juga terasa menyenangkan berkat suspensi canggih M6 Superior yang mampu meredam guncangan tanpa membuat mobil menjadi limbung. 

Oya, BYD M6 juga dibekali sensor yang bertugas mendeteksi jarak mobil dengan mobil lainnya. Sistem ini sangat berguna untuk meminimalisasi tabrakan antarkendaraan, terutama saat di tol.

2. Fitur keselamatan

Mobil BYD M6 (dok. BYD)

Kelebihan lain BYD M6 juga terasa sekali pada sektor keamanannya. Ini berkat kehadiran fitur-fitur canggih seperti 6 airbags di bagian depan dan samping, fitur Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), dan tentu saja fitur pengereman terkini Anti-Lock Braking System (ABS).

Selain itu juga ada sensor sabuk pengaman, baik pada kursi pengemudi dan penumpang di depan dan belakang. Fitur-fitur keamanan ini menjadikan perjalanan kami menjadi bebas cemas, terutama saat harus melalui jalan-jalan menanjak yang curam di daerah Lembang melalui Subang.

Meski BYD M6 menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD), namun mobil ini sama sekali tak kesulitan saat harus melahap tanjakan-tanjakan curam. Mendaki gunung dengan BYD M6 terasa effortless banget!  

FYI, BYD M6 menggunakan tipe blade battery. Baterai ini telah melewati nail penetration test sehingga mampu bertahan dengan suhu 30 hingga 60 derajat Celcius dan tidak akan mudah meledak.

3. Bertabur fitur canggih

Mobil BYD M6 (IDN Times/Alya Achyarini)

Satu hal yang menarik perhatian kami saat pertama kali masuk ke kabin BYD M6 adalah layar touch screen 12’8 inci yang menempel di dashboard. Layar ini bisa berputar 90 derajat sehingga layar bisa tampil dalam mode landskap maupun vertikal untuk menyesuaikan kenyamanan dalam berkendara. Asyik banget, kan?

Headunit canggih tersebut juga telah dibekali fitur-fitur hiburan seperti radio, music streaming (Spotify), Apple Carplay, Android Auto, dan koneksi Bluetooth yang memungkinkan pengemudi mengintegrasikan smartphone dengan mudah.

Selain itu ada juga sistem navigasi yang akurat untuk membantu pengemudi dalam berkendara. Tidak hanya untuk memenuhi aspek hiburan pada mobil, kami juga bisa mengontrol suhu AC mobil melalui layar.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya