TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Waktu yang Tepat untuk Mencuci Mobil, biar Lebih Kinclong!

Jangan sampai salah menentukan waktu untuk mencuci mobil

ilustrasi mencuci mobil (unsplash.com/@bradstarkey)

Mencuci mobil memang sudah biasa menjadi rutinitas umum yang dilakukan oleh banyak orang agar kendaraan pribadinya tetap tampak kinclong dan bersih maksimal. Namun, seringkali banyak orang yang tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mencuci mobil sehingga bisa benar-benar kinclong maksimal.

Memperhatikan waktu yang tepat untuk mencuci waktu sangat penting agar kendaraan tetap bersih dan tidak menyebabkan korosi di berbagai bagiannya. Oleh sebab itu, perhatikanlah beberapa waktu berikut ini pada saat akan mencuci mobil.

1. Setelah mobil kehujanan

ilustrasi mengendarai mobil (unsplash.com/@sickhews)

Ada kesalahan persepsi yang banyak dialami oleh orang-orang pada saat mencuci mobilnya, yaitu dengan membiarkannya begitu saja setelah kehujanan. Hal tersebut terjadi karena orang-orang berpikir bahwa mobilnya sudah cukup bersih setelah kehujanan sehingga tak perlu dibersihkan lagi.

Nyatanya, hujan yang mengenai mobil ternyata bisa menyebabkan noda-noda membandel sehingga jelas akan sangat mengganggu tampilan mobil. Oleh sebab itu, segeralah mencuci mobil setelah kehujanan agar noda-noda tersebut tak menempel setelah mobil kering nanti.

Baca Juga: 5 Tips Mencuci Mobil Setelah Diguyur Hujan 

2. Pagi atau sore hari

ilustrasi mobil (unsplash.com/@lance_asper)

Sebetulnya waktu terbaik untuk mencuci mobil adalah pada saat pagi atau sore hari, yaitu waktu saat matahari sedang tidak paans-panasnya. Hal ini sangat penting karena sinar matahari ternyata bisa memengaruhi kebersihan mobil pada saat dicuci nantinya.

Biasanya mobil yang dicuci pada saat cuaca sedang panas-panasnya akan percuma saja dan tidak bersih sebab air tersebut akan dengan mudahnya menguap. Belum lagi dengan risiko debu panas yang bisa dengan mudahnya menempel kembali pada bodi mobil sehingga tak efektif.

3. Setiap selesai digunakan beraktivitas

ilustrasi mengemudi mobil (unsplash.com/@s_midili)

Jika memang mobil pribadimu secara rutin digunakan untuk beraktivitas, sebetulnya penting untuk segera mencucinya. Apalagi, jika ternyata kamu melewati jalanan dengan rute yang terbilang kurang baik jalanannya dan menyebabkan bodi mobil pun menjadi mudah kotor.

Setiap kali selesai digunakan beraktivitas, memang sebaiknya kamu dapat langsung mencuci mobil agar tampilannya menjadi lebih bersih kembali. Jangan sampai malas dalam membersihkan mobil, apalagi jika sampai harus menunggu kotoran menumpuk terlebih dahulu.

4. Saat mobil jarang digunakan

ilustrasi mobil antik (unsplash.com/@universowicca)

Beberapa orang mungkin memiliki lebih dari dua mobil yang salah satunya cenderung jarang digunakan, namun bukan berarti kondisinya akan selalu bersih. Bahkan, seringkali mobil yang jarang digunakan justru sangat rentan kotor karena debu-debu yang menempel di permukaannya.

Kamu perlu benar-benar rajin mencuci mobil meski pun mobil tersebut jarang digunakan sebab debu-debu yang menempel juga bisa menyebabkan korosi dan masalah lainnya. Jangan sampai kondisi mobilmu justru kurang bagus dan rentan rusak akibat jarang dicuci.

Baca Juga: 5 Masalah yang Timbul bila Malas Mencuci Mobil, Harus Rajin!

Verified Writer

Brilian Damani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya