TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Membeli Mobil Baru, Cek Spesifikasinya!

Memilih mobil baru tentunya memerlukan cara tersendiri

ilustrasi plat mobil (unsplash.com/Steven Rector)

Membeli mobil baru tentunya menjadi keputusan yang besar, apalagi jika mobil tersebut merupakan mobil pertama milikmu. Tidak mengherankan apabila ada berbagai pertimbangan yang harus kamu pikirkan matang-matang sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru agar nantinya tidak sampai menyesal.

Membeli mobil baru bukan hanya terpokus pada model dan merk saja, namun ada berbagai faktor lain yang memang harus kamu pikirkan matang-matang dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Coba perhatikan beberapa tips penting berikut ini dalam membeli mobil baru agar nantinya tidak sampai menyesal atau salah pilih.

1. Menentukan anggaran yang sesuai kemampuan

ilustrasi mobil hitam (unsplash.com/André Mašek)

Pada saat akan membeli mobil baru tentunya kamu harus mempertimbangkan soal anggaran yang dimiliki, sehingga harus menentukan hal ini terlebih dahulu. Setiap orang mungkin memiliki anggaran yang berbeda-beda, namun haruslah realistis dan juga disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Kamu dapat menentukan berapa banyak uang yang bisa dialokasikan untuk membeli mobil, termasuk mengenai biaya tambahan, seperti asuransi, pajak, hingga biaya perawatan yang diperlukan. Hindari membeli mobil dengan harga yang di luar kemampuan finansialmu, meski pun tergiur dengan fitur dan juga model yang lebih canggih. Sebaiknya pilih mobil memang harganya sesuai dengan anggaran, sehingga tidak membebanimu secara keuangan.

2. Melakukan banyak riset terhadap model dan merek mobil

ilustrasi mobil (unsplash.com/Erik Mclean)

Pada saat akan membeli mobil baru sebaiknya kamu dapat melakukan banyak riset terhadap model dan juga merk yang dimiliki. Hal ini karena ada banyak sekali model dan juga merk mobil, sehingga kamu harus memeriksa berbagai hal seperti spesifikasi teknis, efisiensi bahan bakar, fitur keselamatan, hingga berbagai ulasan dari pengguna lainnya.

Tidak ada salahnya jika kamu dapat mempertimbangkan soal reputasi merk tersebut dalam hal durabilitas hingga layanan purna jual. Hal ini penting agar mobil yang kamu beli dapat memiliki reputasi yang baik, sehingga menawarkan performa yang tahan lama dan juga biaya perawatan yang jauh lebih terjangkau.

3. Pertimbangkan soal efisiensi bahan bakar

ilustrasi bensin (unsplash.com/@carylenicole)

Jika kamu membeli mobil non listrik, maka perlu memperhatikan soal efisiensi bahan bakar karena ini akan ber kaitan dengan biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Selain itu, penggunaan bahan bakar ini menjadi faktor penting apabila kamu harus mengemudi jarak jauh, sehingga jangan sampai justru membuatmu harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Pemilik mobil yang hemat bahan bakar bukan hanya dapat membantumu untuk menghemat lebih banyak pengeluaran dalam jangka panjang, namun juga akan jauh lebih ramah lingkungan. Tidak ada salahnya untuk melakukan perbandingan antara berbagai model dan juga merk mobil untuk mengetahui seberapa banyak pengonsumsian bahan bakar per kilometernya. Hal ini penting agar nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan harianmu.

4. Lakukan test drive terlebih dahulu sebelum membeli

ilustrasi mengemudi mobil (unsplash.com/Orkun Azap)

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil tertentu sebaiknya kamu dapat melakukan test drive terlebih dahulu. Ternyata melakukan test drive dapat membantumu untuk merasakan kenyamanan dan juga mengidentifikasi performa mobil tersebut di jalanan, sehingga dapat menentukan apakah memang mobilnya cocok untukmu atau pun tidak.

Test drive dapat membantu untuk memahami bagaimana mobil tersebut dalam sistem pengereman, berakselerasi, hingga menawarkan kenyamanan pada saat berkendara. Selain itu, test drive juga akan memungkinkan untuk mengevaluasi kenyamanan interior, responsivitas fitur-fitur yang ada, serta posisi duduk yang dilakukan.

Mungkin jika kamu dapat mengikuti tips di atas, maka bisa lebih cermat dalam memilih mobil baru. Hal ini penting agar mobil barumu dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga anggaran masing-masing, sehingga lakukan riset secara menyeluruh agar tidak sampai keliru dalam mengambil keputusan. Bagaimana pun juga mobil merupakan investasi jangka panjang yang harus dijaga!

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Mengusir Semut dari Mobil

Verified Writer

Brilian Damani

Sudah membaca hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya